The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Atasi Bencana, Indonesia-Jepang Sepakati Pinjaman 31,8 Miliar Yen
Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta Shimizu Kazuhiko (kiri) bersama pihak Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam temu media di Jakarta, Jumat (14/2/2020). (Photo/ANTARA/Suwanti)
News

Atasi Bencana, Indonesia-Jepang Sepakati Pinjaman 31,8 Miliar Yen

Sabtu, 15 Februari 2020 00:43 WIB 15 Februari 2020, 00:43 WIB

INDOZONE.ID - Terkait untuk peningkatan kapasitas pengelolaan Indonesia dalam menanggulangi bencana alam, Indonesia dan Jepang telah menandatangani pertukaran nota mengenai proyek pinjaman 31,8 miliar yen (setara Rp3,9 triliun).

Dalam kesekapatan itu, Direktur Urusan Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menjadi dua perwakilan negara dalam penandatanganan tersebut.

"Proyek pinjaman yen ini bertujuan meningkatkan sistem penanggulangan bencana di Indonesia yang terintegrasi dengan mendorong perbaikan kebijakan dan sistem yang dijalankan oleh kementerian terkait," ucap Shimizu Kazuhiko, Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Melalui Program Peningkatan Ketahanan dan Pengelolaan Bencana atau Disaster Resilience Enhancement and Management Program (DREAM) diberlakukan dengan masa pengembalian 15 tahun dengan suku bunga ditetapkan sebesar 0,4%.

Pencairan itu akan dilaksanakan secara bertahap pada 2019, 2020, dan 2021. Setelah penandatanganan selesai, Japan International Cooperation Agency (JICA) akan melakukan tindak lanjut dengan Kementerian Keuangan Indonesia.

Selain itu, pendanaan tersebut demi mendorong pelaksanaan pemulihan pascabencana yang secara teknis dilakukan di provinsi Sulawesi tengah.

"Berdasarkan keempat bidang itu, kami akan melakukan penguatan strategi penanggulangan bencana di tingkat pemerintah pusat dan daerah, serta memperbaiki sistem peringatan dini banjir, gempa bumi dan tsunami," kata Kazuhiko menambahkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US