Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Jokowi dari Kalangan Disabilitas

- Kamis, 21 November 2019 | 18:02 WIB
Staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari kalangan milenial, Angkie Yudistia. (Instagram/@angkie.yudistia)
Staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari kalangan milenial, Angkie Yudistia. (Instagram/@angkie.yudistia)

Presiden Joko Widodo mengumumkan tujuh nama staf khususnya dari kalangan milenial di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11). Nama Angkie Yudistia termasuk di dalamnya.

Angkie dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO Thisable Enterprise, pusat pemberdayaan ekonomi kreatif bagi disabilitas Indonesia. Wadah itu dia bangun sejak 2011.

Sejauh ini, Thisable Enterprise sudah menghasilkan ribuan tenaga kerja disabilitas. Beberapa di antara mereka bahkan disalurkan ke perusahaan besar seperti Gojek, So Nice dan beberapa perusahaan retail. 

Angkie mengatakan, bertahannya Thisable Enterprise karena penyandang disabilitas itu sendiri.

-
Angkie Yudistia. (Instagram/angkie.yudistia)

Ya, Angkie termasuk salah satunya. Dia merupakan tunarungu, penderita gangguan pendengaran. Namun, Angkie tak tuli sejak lahir.

Dalam sebuah kesempatan, Angkie mengaku kehilangan pendengarannya saat berusia 10 tahun. Kala itu dia terkena serangan Malaria dan demam tinggi. 

Dulu, lanjut Angkie, dirinya kerap menjadi sasaran perundungan. Dia dianggap sudah tak bisa berkontribusi apa-apa lagi. 

Namun, anggapan miring itu menjadi pelecut semangatnya untuk membuktikan diri. Dia mampu membungkam para perundung dengan meraih gelar Master Komunikasi dari London School Public Relations.

Tak sampai di situ, Angkie juga berhasil diterima bekerja di perusahaan ternama seperti IBM Indonesia dan Geo Link Nusantara. 

-
Angkie Yudistia. (Instagram/@angkie.yudistia)

Meski demikian, diakuinya untuk mendapat pekerjaan tak semudah yang orang kira. Dia sempat mendapat penolakan karena kondisinya.

Pengalaman itulah yang akhirnya membuat Angkie mendirikan Thisable Enterprise.

"Kalau tadinya orang disabilitas jalan menunduk, sekarang mereka bisa lebih bangga," ucap Angkie Yudistia.

Terpilihnya Angkie Yudhistia sebagai staf khusus Presiden Jokowi membuktikan disabilitas punya kesempatan yang sama. Jadi jangan pernah putus asa meski tak sempurna. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X