Pemprov DKI akan Membuat Skatepark Berstandar Internasional

- Minggu, 18 Agustus 2019 | 15:00 WIB
ANTARA/Shofi Ayudiana
ANTARA/Shofi Ayudiana

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan fasilitas publik Taman Spot Budaya 2 di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat. Spot budaya ini memiliki fasilitas skateboarding, viewing desk (tempat melihat pemandangan kota), dan mini hutan tropis.

Taman tersebut dibangun sebagai tempat bagi warga Jakarta, khususnya pekerja kantoran di kawasan Sudirman, agar bisa berkegiatan setelah pulang bekerja.

Spot budaya ini juga bisa digunakan sebagai tempat melakukan pagelaran musik dan budaya. Salah satu anggota Komunitas Skateboard Jakarta, Anggi, mengatakan terkejut dengan pembangunan Skatepark di kawasan tersebut. “Surprise tiba-tiba ada kayak kado,” kata Anggi di Jakarta.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga sedang membangun skatepark berstandar internasional di bawah flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Setelah ini (Spot Budaya Dukuh Atas) selesai, akan dilakukan pembangunan ruang ketiga di Pasar Rebo. Ada fasilitas skateboard berskala internasional,” kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho.

Nantinya ruang terbuka itu akan memiliki luas hampir 1.000 meter persegi dengan fasilitas berupa toilet, musala, tempat bermain anak, kolam budi daya perikanan dan pertanian kota,  serta kanopi dan tempat pejalan kaki.

Anies menyatakan bahwa Pemprov DKI akan melibatkan komunitas skateboard dan BMX Jakarta dalam perancangan pembangunan skatepark.

“Perencanangannya dilakukan bersama dengan komunitas skateboard, komunitas BMX, sehingga desainnya bukan pemerintah sendiri, melainkan bersama-sama dengan komunitas,” ujar Anies.

Sementara itu, anggota Komunitas Skateboard Jakarta Anggi menyambut antusias dengan pembangunan skatepark baru di Pasar Rebo karena dalam perancangannya komunitasnya turut dilibatkan untuk berdiskusi.

“Saya (dan komunitas) sudah coba memberi masukan (rancangan skatepark), dan didengar, sih, masukan kita,” kata Anggi.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X