Sebelum Mantap Pensiun Dini, Persiapkan Dulu 4 Hal Ini

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:50 WIB
photo/Daily Express
photo/Daily Express

Bagi sebagian orang, bekerja terus-menerus adalah hal yang membuat dirinya terus tertantang. Namun, ada juga beberapa orang yang hanya ingin bekerja sampai usia tertentu saja atau dalam arti sederhananya adalah pensiun dini.

Dari sekian banyak orang yang memutuskan pensiun dini, tidak semuanya melakukan persiapan dengan baik. Padahal, persiapan pensiun tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat loh.

Menurut survei Life Insurance Marketing Research Association (Limra), ada 49 persen pensiunan yang kemudian menggantungkan hidup kepada orang lain, 29 persen meninggal saat pensiun, 12 persen mengalami kebangkrutan, 5 persen tetap bekerja, 4 persen mampu mandiri, dan hanya 1 persen yang kaya saat pensiun.

Untuk itu, sebelum mantap memutuskan pensiun dini, sebaiknya kamu perlu mempersiapkan empat hal ini terlebih dahulu. Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Selasa (20/8), berikut ini penjelasannya:

1. Selesaikan Semua Cicilan Sebelum Pensiun

-
photo/Pexels

Usahakan, sebelum memasuki masa pensiun, semua tunggakan atau cicilan sudah dilunasi, seperti kredit rumah atau kendaraan. Hal ini penting dilakukan supaya tidak membuat repot di kemudian hari dan bisa menikmati masa pensiun dengan tenang.

2. Sisihkan 15 Persen dari Gaji

-
photo/Pexels

Mulai sekarang, sisihkan sebagian dari penghasilanmu. Lakukan hal ini secara konsisten dan tanpa jeda. Nantinya, tabungan ini bisa membantumu ketika memasuki masa pensiun. Menurut survei, rata-rata orang Amerika Serikat selalu menyisihkan 8,5 persen dari pendapatan per tahun untuk ditabung. Namun, beberapa ahli keuangan menyarankan untuk menyisihkan 10 hingga 15 persen dari pendapatan.

3. Menghitung Biaya Hidup, Termasuk Utang

-
photo/Pexels

Persiapan berikutnya adalah menghitung biaya hidup saat ini, termasuk makan, transportasi, biaya sandang, dan utang. Hal ini terbilang penting karena biaya hidup sangat menentukan masa pensiunmu akan berjalan baik atau justru menjadi sulit. Untuk lebih memudahkan, sebaiknya mengurangi keinginan belanja barang-barang yang tidak terlalu penting.

4. Koleksi Aset Penting

-
photo/Booking.com

Mengoleksi aset penting merupakan salah satu cara investasi sejak dini. Biasanya, koleksi aset ini mencakup rumah, tanah, atau perhiasan. Hal ini dikarenakan harga rumah, tanah, dan perhiasan memiliki nilai jual lebih tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Tak hanya itu, kamu bisa juga mengoleksi kendaraan sebagai aset masa depan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X