Warga Ibu Kota Baru Bisa Hidup Bareng dengan Orang Utan?

- Senin, 18 November 2019 | 11:23 WIB
Orang Utan. (Pixabay/Rin Muna)
Orang Utan. (Pixabay/Rin Muna)

Usai Presiden Joko Widodo mengumumkan soal pemindahan Ibu Kota baru ke Kalimantan Timur, banyak komentar netizen yang mengatakan orang utan di Kalimantan akan berubah menjadi orang kota.

Perlu kamu tahu, Indonesia memiliki hutan yang menjadi tempat konservasi orang utan terdapat di Kalimantan dan Sumatera.

Kembali lagi soal komentar warganet, Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Wijayanti memastikan karena slogan Ibu Kota baru adalah Forest City, maka orang utan justru menjadi bagian dari ibu kota baru.

"Orangutan jadi bagian orang kota," ujar Yanti sambil tertawa di kantor Indozone, Senin (18/11).

Ia menerangkan, bahwa konsep ibu kota baru itu bukan menghancurkan ekosistem. Yanti memastikan bahwa pihaknya justru akan mempertahankan ciri khas dari Kalimantan tersebut. 

"Bukan kita mau menghancurkan, tetapi justru mau mengangkat bahwa ekosistem di sana kekhasan di sana adalah kenapa disana dikembangkan jadi kota. Karena menyesuaikan keindahan dan potensi lingkungannya," ungkapnya.

Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan kajian terhadap kerusakan lingkungan akibat penambangan, penuruan kualitas hutan, ancaman terhadap satwa liar, gangguan pada tata air, dan risiko pencemaran. Ditargetkan kajian tersebut bisa selesai dalam waktu 2,5 bulan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X