Museum Kartun London Kembali Dibuka

- Jumat, 26 Juli 2019 | 11:25 WIB
Museum Kartun kembali dibuka setelah sebelumnya direnovasi/Instagram/@thecartoonmuseum
Museum Kartun kembali dibuka setelah sebelumnya direnovasi/Instagram/@thecartoonmuseum

Museum kartun di London kembali dibuka setelah ditutup dan dilakukan relokasi ke tempat baru.

Museum ini didedikasikan untuk melestarikan kartun, karikatur, komik dan animasi khas Inggris yang dirancang oleh Sam Jacob Studio.

Museum baru ini berisi galeri permanen, ruang untuk pameran sementara, studio pembelajaran, toko, serta kantor untuk staf dan arsip.

Bahkan museum ini menghadirkan detail pintu galeri yang ukurananya terlihat salah. Instalasi pintu yang salah ini terinspirasi dari ilustrasi John Tenniel untuk Alice in Wonderland.

Di samping pintu masuk museum terdapat ruang sirkulasi, ruang galeri utama yang memiliki interior khas dengan kotak putihnya.

Galeri utama museum dikuratori oleh Guardian’s Steve Bell yang berisi tentang kisah sejarah kartun dan seni komik dengan 6.000 keping contoh dari koleksi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Cartoon Museum (@thecartoonmuseum) on

“Sejak didirikan pada tahun 2006, kami ingin para pengunjung yang meninggalkan museum lebih bahagia daripada ketika mereka masuk. Desain unik Sam Jacob telah menciptakan ruang museum yang semarak, kreatif dan menyenangkan,” kata Oliver Preston, ketua museum Kartun London

Bersamaan dengan dibukanya museum ini, diadakan pula tiga pameran yang bertema komik dan kartun. Yakni Comic Creators : The famous and the forgotten, Drawing life yang mengeksplorasi sejarah genre kartun dengan karya-karya dari 300 seniman.

Serta pameran Pride Month yang terfokus pada karya kartun, illustrator dan penulis Kate Charlesworh.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X