Menyorot Perubahan Iklim, Pangeran Harry Menyinggung Greta Thunberg

- Senin, 18 November 2019 | 13:09 WIB
Pangeran Harry dan Greta Thunberg (Instagram/sussexroyal/gretathunberg)
Pangeran Harry dan Greta Thunberg (Instagram/sussexroyal/gretathunberg)

Duke of Sussex Pangeran Harry menghadiri OnSide Awards di Royal Albert Hall di London pada Minggu, 17 November waktu setempat untuk menyampaikan pidato yang menginspirasi di depan kerumuman hadirin yang berjumlah lebih dari 2.500 orang muda, melansir dari E!Online

Bukan hanya pidatonya yang membuat masyarakat London lebih mencintai dan menghormati kerajaan, tetapi selama pidatonya Pangeran Harry memberikan perhatian khusus kepada aktivis muda perubahan iklim Greta Thunberg. 

Remaja asal Swedia yang berusia 16 tahun itu memelopori gerakan perubahan iklim, ia telah berbicara di Forum KTT Aksi Iklim Majelis Umum PBB dan menginspirasi banyak orang, generasi muda maupun tua untuk melangkah dan berjuang demi perubahan iklim. 

"Senang rasanya berada di sini dan menjadi bagian dari OnSide Awards yang pertama kali. Aku pernah ke banyak acara di malam ini, tapi energi di sini, malam ini, benar-benar sesuatu yang istimewa dan tentu saja, aku merasa terhormat menjadi bagian dari komunitas ini." kata Pangeran Harry dalam pidatonya.

Dalam pidatonya Pangeran Harry menekankan bahwa penghargaan tidak akan mungkin terwujud tanpa kerja luar biasa yang dilakukan oleh organisasi yang berpikiran sama dan bersatu dalam menunjukkan kepada orang muda masa depan yang lebih positif. 

Dan saat berbicara mengenai pentingnya gerakan anak muda pada komunitas yang lebih dekat dan lebih besar, Pangeran Harry menyebutkan nama Greta Thunberg.

"Ketika Greta memulai protes perubahan iklim, dia baru berusia 15 tahun, hanya satu suara dengan hanya satu plakat, duduk sendiri di luar parlemen Swedia," kata Pangeran Harry. 

Pangeran Harry juga mengatakan bahwa banyak orang, sebenarnya banyak orang dewasa yang tidak menggubrisnya. Namun, hari ini, jutaan orang muda bergabung dengan perjuangannya. 

Berkat perjuangan Greta Thunberg, aktivis muda ini sudah diabadikan. Melansir dari CNN, pada awal bulan ini, aktivis muda perubahan iklim telah mendapatkan mural besar di pusat kota San Fransisco yang terletak di dekat Union Square. 

Mural besar itu menampilkan potret Thunberg setinggi 59 kaki dan mural tersebut dibuat oleh OneAtmosphere.org. 

Mengenai mural dan alasan di balik proyek tersebut, Direktur Eksekutif organisasi nirlaba itu, Paul Scott menyatakan bahwa,

"Jika kita dapat memperkuat pesannya dan melibatkan lebih banyak orang dan mendengarkan apa yang dia katakan, maka kita melakukan beberapa hal dengan baik." katanya. 

Akibat tindakan Thunberg yang telah menciptakan gerakan yang lebih besar, Pangeran Harry mengakui hal itu selama pidatonya di OnSide Awards. 

Pangeran Harry pun memposting kegiatannya di media sosial Instagram miliknya. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X