Menyorot Perubahan Iklim, Pangeran Harry Menyinggung Greta Thunberg
Pangeran Harry dan Greta Thunberg (Instagram/sussexroyal/gretathunberg)
News

Menyorot Perubahan Iklim, Pangeran Harry Menyinggung Greta Thunberg

Hari ini, jutaan orang muda bergabung dengan perjuangannya

Senin, 18 November 2019 13:09 WIB 18 November 2019, 13:09 WIB

INDOZONE.ID - Duke of Sussex Pangeran Harry menghadiri OnSide Awards di Royal Albert Hall di London pada Minggu, 17 November waktu setempat untuk menyampaikan pidato yang menginspirasi di depan kerumuman hadirin yang berjumlah lebih dari 2.500 orang muda, melansir dari E!Online

Bukan hanya pidatonya yang membuat masyarakat London lebih mencintai dan menghormati kerajaan, tetapi selama pidatonya Pangeran Harry memberikan perhatian khusus kepada aktivis muda perubahan iklim Greta Thunberg. 

Remaja asal Swedia yang berusia 16 tahun itu memelopori gerakan perubahan iklim, ia telah berbicara di Forum KTT Aksi Iklim Majelis Umum PBB dan menginspirasi banyak orang, generasi muda maupun tua untuk melangkah dan berjuang demi perubahan iklim. 

"Senang rasanya berada di sini dan menjadi bagian dari OnSide Awards yang pertama kali. Aku pernah ke banyak acara di malam ini, tapi energi di sini, malam ini, benar-benar sesuatu yang istimewa dan tentu saja, aku merasa terhormat menjadi bagian dari komunitas ini." kata Pangeran Harry dalam pidatonya.

Dalam pidatonya Pangeran Harry menekankan bahwa penghargaan tidak akan mungkin terwujud tanpa kerja luar biasa yang dilakukan oleh organisasi yang berpikiran sama dan bersatu dalam menunjukkan kepada orang muda masa depan yang lebih positif. 

Dan saat berbicara mengenai pentingnya gerakan anak muda pada komunitas yang lebih dekat dan lebih besar, Pangeran Harry menyebutkan nama Greta Thunberg.

"Ketika Greta memulai protes perubahan iklim, dia baru berusia 15 tahun, hanya satu suara dengan hanya satu plakat, duduk sendiri di luar parlemen Swedia," kata Pangeran Harry. 

Pangeran Harry juga mengatakan bahwa banyak orang, sebenarnya banyak orang dewasa yang tidak menggubrisnya. Namun, hari ini, jutaan orang muda bergabung dengan perjuangannya. 

Berkat perjuangan Greta Thunberg, aktivis muda ini sudah diabadikan. Melansir dari CNN, pada awal bulan ini, aktivis muda perubahan iklim telah mendapatkan mural besar di pusat kota San Fransisco yang terletak di dekat Union Square. 

Mural besar itu menampilkan potret Thunberg setinggi 59 kaki dan mural tersebut dibuat oleh OneAtmosphere.org. 

Mengenai mural dan alasan di balik proyek tersebut, Direktur Eksekutif organisasi nirlaba itu, Paul Scott menyatakan bahwa,

"Jika kita dapat memperkuat pesannya dan melibatkan lebih banyak orang dan mendengarkan apa yang dia katakan, maka kita melakukan beberapa hal dengan baik." katanya. 

Akibat tindakan Thunberg yang telah menciptakan gerakan yang lebih besar, Pangeran Harry mengakui hal itu selama pidatonya di OnSide Awards. 

Pangeran Harry pun memposting kegiatannya di media sosial Instagram miliknya. 

"Duke of Sussex menghadiri OnSide Awards perdana di @RoyalAlbertHall malam ini, bergabung dengan lebih dari 2.500 pemuda, sukarelawan dan staf @OnSideYZ. Penghargaan ini merayakan orang-orang muda yang telah melampaui komunitas mereka, banyak dari mereka telah mengatasi keadaan yang paling menantang.

Dengan 13 Zona Pemuda di seluruh Inggris dan lebih dari 50.000 anggota, OnSide membuat dampak luar biasa di beberapa komunitas yang paling miskin. Selama kunjungan ke Zona Pemuda OnSide awal tahun ini, Duke dan Duchess berkesempatan untuk menyaksikan dampak yang dimiliki fasilitas ini - memberikan ruang aman bagi para pemuda setempat di mana mereka dapat mempelajari keterampilan baru, mengembangkan persahabatan yang langgeng dan menjadi bagian dari kegiatan bersama dan berbagi komunitas yang mendukung. #Di sampingnya"

Pangeran Harry juga mengatakan bahwa Thunberg mungkin hanya satu orang pada awalnya, tetapi dia memiliki keyakinan, misi, dan keinginan untuk melakukan sesuatu tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk semua orang, dan sekarang, seluruh dunia memperhatikannya.

Sepanjang pidatonya, Pangeran Harry juga berbicara tentang pentingnya memperlakukan kesehatan mental seseorang sama pentingnya dengan bagaimana kita memperlakukan kesehatan fisik, terutama ketika menyangkut kaum muda. 

"Dengan mengetahui apa yang membuat kita berkembang lebih baik untuk bertahan hidup, kita akan membuka potensi yang luar biasa untuk diri kita sendiri dan lebih banyak orang muda di seluruh negeri," katanya.

Selanjutnya, Pangeran Harry mendorong semua orang di ruangan itu dan siapa saja yang menonton atau membaca pidatonya untuk membuka potensi sejati mereka dan menyadari perbedaan yang dapat dilakukan.

Ia juga menambahkan apapun impian Anda, setiap negara, komunitas, sekolah, kelompok persahabatan, dan setiap keluarga membutuhkan Greta mereka sendiri. 

"Seseorang yang dapat memimpin jalan, seseorang yang siap membela apa yang mereka yakini dan menunjukkan betapa mereka peduli pada kehidupan orang-orang dan masyarakat di sekitar mereka." tutupnya. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Indozone News
Bela

Bela

Writer
Indozone News

Indozone News

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU