Politisi PKS Beri Masukan ke Pemerintah Cara Mencegah Virus Corona

- Selasa, 3 Maret 2020 | 10:56 WIB
Petugas bersiap membawa seorang wanita yang diduga terinfeksi virus corona ke ruang isolasi di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Petugas bersiap membawa seorang wanita yang diduga terinfeksi virus corona ke ruang isolasi di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 sudah mulai merambah Indonesia. Bahkan kemarin, Selasa (2/2/2020), secara resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sudah ada warga Indonesia yang positif terpapar virus tersebut.

Publik berharap, pemerintah bisa bekerja maksimal untuk menghadang laju penyebaran virus corona.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Sejahtera (PKS), Kurniasih Mufidayati, pencegahan memang menjadi sebuah keharusan.

Salah satu caranya adalah melakukan screening ulang kepada semua pasien yang sudah suspect dan pasien dalam pengawasan. Hal tersebut bertujuan agar kondisi kesehatan semua pasien kembali ter-update.

Pemerintah diminta juga memastikan semua rumah sakit besar di semua provinsi siap dan siaga menjadi rujukan pasien virus corona.

"Juga memastikan semua faskes siap tangani kasus Covid-19. Perlu cek ketersediaan alat kesehatan, jumlah sumber daya manusia, ruangan sesuai standar, stok obat-obatan secara kualitas dan kuantitas," kata Mufida saat dihubungi Indozone, Selasa (3/3/2020).

Dia kemudian meminta pemerintah menyiapkan antisipasi kondisi terberat karena virus corona. Termasuk dalam hal ini, menanggung anggaran semua penanganan pasien, baik yang suspect maupun yang postif.

"Jangan abaikan pula perlunya mengantisipasi dampak ekonomi dan ketersediaan bahan pokok pangan di Indonesia akibat wabah virus corona ini," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X