Pertama Kali Terungkap, Virus Corona Sudah Sampai Selandia Baru

- Jumat, 28 Februari 2020 | 14:23 WIB
Virus corona sudah sampai Selandia Baru (REUTERS/POOL)
Virus corona sudah sampai Selandia Baru (REUTERS/POOL)

Selandia Baru mengonfirmasi warganya positif virus corona (Covid-19) pertama kali pada Jumat (28/2/2020). Kasus tersebut terungkap setelah ada warganya melakukan perjalanan dari Iran ke Auckland via Bali. 

Departemen Kesehatan Selandia Baru mengatakan, warga yang identitasnya masih dirahasiakan itu berusia 60 tahunan. Kini orang tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit di Auckland. 

"Kondisinya membaik dalam isolasi, di ruang tekanan untuk mencegah penyebaran penyakit," kata Departemen Kesehatan Selandia Baru dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channelnewsasia, Jumat (28/2/2020). 

Dari keterangan yang diterima, orang tersebut tiba ke Auckland pada hari Rabu (26/2). Pemerintah pun mengimbau kepada warga Selandia Baru lain yang juga melakukan perjalanan dari Iran dengan maskapai Emirates ke Auckland via Bali menghubungi Departemen Kesehatan jika merasa khawatir tertular virus corona

"Meskipun kami memiliki kasus Covid-19 untuk pertama kalinya, kemungkinan wabah tersebut tetap rendah," lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, David Clark mengatakan Selandia Baru memberlakukan larangan perjalanan yang ketat pada kedatangan dari Iran mirip dengan yang sudah diberlakukan pada kedatangan dari Tiongkok. 

"Jelas situasi di Iran ini memprihatinkan, ada penyebaran penyakit yang sedang berlangsung di sana dan sebagian besar ketidakpastian tentang skala wabah dan kemampuan untuk menahannya," katanya kepada wartawan.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X