Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China: AS Cari Masalah

- Rabu, 24 November 2021 | 15:28 WIB
Bendera China dan Amerika Serikat. (REUTERS/Aly Song)
Bendera China dan Amerika Serikat. (REUTERS/Aly Song)

Pemerintah China mengatakan Amerika Serikat (AS) cari masalah karena mengundang Taiwan untuk berpartisipasi dalam Summit for Democracy atau KTT Demokrasi yang akan digelar secara online pada 9 dan 10 Desember mendatang.

Taiwan masuk dalam daftar peserta KTT Demokrasi yang akan digelar bulan depan, berdasarkan keterangan yang diterbitkan departemen luar negeri pada Selasa (23/11/2021). Tapi, China dan Rusia justru tidak masuk dalam daftar peserta.

Taiwan yang merupakan negara demokrasi, masih saja diklaim Beijing bagian dari wilayahnya dan menuduh pemerintahan Taiwan melakukan separatisme.

Baca juga: Presiden Xi Jinping Tegaskan China Tak akan Gertak Negara Kecil

Dilansir Guardian, pada hari Rabu (24/11/2021) Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, mengatakan masuknya Taiwan merupakan kesalahan dan Beijing menentang interaksi resmi antara AS dan wilayah Taiwan China.

"Sikap ini jelas dan konsisten. Kami mendesak AS untuk tetap berpegang pada prinsip 'satu China' dan tiga komunike bersama," kata Zhu Fenglian.

Sejak Biden menjabat sebagai presiden AS, Gedung Putih telah menyatakan dukungannya untuk kebijakan satu China, yang secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei.

Tapi AS juga sangat menentang upaya sepihak China untuk mengubah status quo yang merusak perdamaian.

KTT Demokrasi akan mempertemukan para pemimpin dari pemerintah, masyarakat sipil dan sektor swasta untuk menetapkan agenda afirmatif untuk pembaruan demokrasi serta untuk mengatasi ancaman terbesar yang dihadapi oleh demokrasi saat ini melalui aksi kolektif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X