Usai Dengar Pidato Kenegaraan Jokowi di MPR, Anies Sibuk Lakukan Hal Ini

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/aniesbaswedan)

Di sela-sela jeda sidang tahunan MPR dan DPR yang digelar pagi tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sibuk melakukan sesuatu terhadap tumpukan buku yang berada di ruangannya.

Dalam unggahan akun Instagram resminya, Anies nampak tengah membaca buku di perpustakaan rumahnya sembari menunggu dimulainya sidang tahunan DPR.

"Pagi tadi di jeda antara dua sidang: setelah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden di sidang Tahunan MPR, dan menunggu dimulainya Sidang Tahunan DPR," tulisnya, Senin (16/8/2021).

"Menyusuri kembali deretan buku-buku pemikiran para perintis kemerdekaan yang ada di perpustakan rumah," tambah Anies.

Saat itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan bahwa dirinya membaca sebuah buku karya Jendral Besar AH Nasution yang berkisah tentang perjuangan fisik sesudah Proklamasi.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/aniesbaswedan)

"Karena memang, merebut kemerdekaan adalah perjuangan intelektual, perjuangan politik. Sesudah merdeka, barulah mulai ada peperangan untuk mempertahankan kemerdekaan," terangnya.

BACA JUGA: Jokowi: Saya Menyadari Masyarakat Penat dan Sedih Selama Pandemi Covid-19

Bagi Anies, menyelami kembali buku-buku ini membuatnya merasakan kalau tokoh-tokoh perebut kemerdekaan merupakan politisi berkapasitas intelektual tinggi, dan pikiran-pikirannya mewarnai kebijakan.

"Wajar jika mereka terbiasa dengan debat dan bahkan kritik. Pertukaran pikiran adalah bagian dari ikhtiar bersama untuk kemajuan negara," tandas Anies.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X