The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Harga PCR Turun, Puan Maharani Sebut Segera Terlaksana
Puan Maharani di sidang tahunan MPR RI 2021 (Dok. DPR RI)
News

Soal Harga PCR Turun, Puan Maharani Sebut Segera Terlaksana

Agar harga PCR diturunkan.

Senin, 16 Agustus 2021 14:43 WIB 16 Agustus 2021, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan pihaknya akan terus mendorong pemerintah agar dapat menurunkan harga tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dari yang sudah ditentukan. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta harga batas maksimal test PCR berkisar Rp550.000.

"Kita akan mendorong bahwa sesuai dengan keinginan pemerintah bahwa harga PCR bisa turun," kata  Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Puan juga mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di mana mereka sedang berupaya untuk bisa melakukan penurunan harga swab PCR ini. Ia mengklaim ihwal keinginan untuk menurunkan harga swab PCR dalam waktu dekat akan terlaksana.

"Dan tentu saja Insya Allah dalam waktu yang tidak lama, dalam waktu yang cepat ini, apa yang kemudian kita harapkan bersama itu bisa segera terlaksana," jelas Puan.

Tak hanya sekedar harga yang dapat diturunkan, Politisi PDIP ini juga sejalan dengan Presiden Jokowi yang ingin hasil dari swab PCR maksimal hanya 1x24 ham. Dengan demikian, proses tracing tersebut bisa segera cepat diketahui dan tidak bepergian dengan membawa virus.

"Sehingga dalam proses tracingnya itu bisa segera cepat diketahui bahwa orang ini positif atau negatif. Kalau enggak kan sekarang sudah positif tapi masih seharian jalan-jalan karena dia tidak tahu positif," urai Puan.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo meminta harga maksimal tes polymerase chain reaction (PCR) yang berfungsi mendeteksi COVID-19 hanya sebesar Rp550 ribu dan hasilnya dapat diketahui maksimal 1x24 jam.

Diketahui tes PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi DNA virus. WHO juga merekomendasikan metode tes PCR untuk mendeteksi COVID-19.

Melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengaku sudah membicarakan terkait harga maksimal tes PCR dengan menkes.

"Saya sudah berbicara dengan menteri kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes 'PCR' ini berada di kisaran antara Rp450 ribu sampai Rp550 ribu. Saya minta juga agar tes PCR bisa diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam, kita butuh kecepatan," katanya Minggu (15/8/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Lanjar Wiratri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US