Korea Utara Uji Coba Rudal Jelajah Jarak Jauh yang Mematikan

- Senin, 13 September 2021 | 08:45 WIB
Korea Utara uji coba rudal jelajah jarak jauh. (KCNA via REUTERS)
Korea Utara uji coba rudal jelajah jarak jauh. (KCNA via REUTERS)

Korea Utara mengatakan telah berhasil menyelesaikan uji tembak rudal jalajah jarak jauh yang merupakan rudal jenis baru negara tersebut.

Uji tembak itu dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu, menurut laporan media Korea Utara pada hari Senin (13/9/2021). Peluncuran tes tersebut diamati oleh pejabat tingkat tinggi dan dinilai berhasil.

Dilansir Bangkok Post, rudal-rudal itu menempuh perjalanan selama 7.580 detik di sepanjang orbit penerbangan oval dan pola-8 di atas Korea Utara dan perairan teritorialnya, dan mencapai target yang jauhnya 1.500 kilometer.

Baca juga: Dipangkas Ala Rambut Kim Jong Un, Pria Ini Ketawa Ngakak

Sehingga rudal tersebut disebut sebagai senjata strategis yang sangat penting dan secara  keseluruhan, efisiensi dan kepraktisan operasi sistem senjata dipastikan sangat baik.

-
Kim Jong Un. (KCNA via REUTERS)

Dilansir Mirror, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tampaknya tidak menghadiri tes tersebut. Namun, Pak Jong-chon, anggota politbiro kuat Partai Buruh dan sekretaris komite pusatnya yang mengawasi.

Pembukaan uji coba itu dilakukan hanya sehari sebelum kepala negosiator nuklir dari Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang bertemu di Tokyo untuk mencari cara memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X