The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Guru 57 Tahun Ujian PPPK, Pengawas ke Nadiem: Tak Adakah Rasa Ngilu di Dada Mas Menteri?
Guru 57 tahun ikut ujian PPPK. (Istimewa) / Nadiem Makarim. (Instagram/@nadiemmakarim)
News

Guru 57 Tahun Ujian PPPK, Pengawas ke Nadiem: Tak Adakah Rasa Ngilu di Dada Mas Menteri?

Jumat, 17 September 2021 16:35 WIB 17 September 2021, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Sosok guru honorer berpakaian lusuh yang mengikuti ujian seleksi PPPK menjadi sorotan netizen setelah fotonya viral di media sosial. Di usianya yang sudah memasuki 57 tahun, ia masih harus berjuang demi mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

Seorang pengawas ujian bernama Novi Khassifa yang menjadi saksi perjuangan guru honorer tersebut menulis surat terbuka untuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

"Yang terhormat, Mas menteri Nadiem Makarim. Tak adakah rasa ngilu di dalam dada mas menteri melihat sepatu yang lusuh ini? Memang benar sepatu tua ini terlihat bermerek. Tetapi tahukah ini hanya sepatu loak apkiran. Tahukah Mas menteri, sepatu ini telah dipakai bertahun-tahun lamanya oleh si empunya," tulis Novi Khassifa mengawali suratnya.

Meski sudah berusaha, namun guru honorer yang sudah berusia senja tersebut gagal karena hasil skor-nya tak memenuhi batas passing grade yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Cerita Pilu di Balik Foto Guru Honorer yang Viral karena Ikut Seleksi PPPK di Usia Senja

Pengawas tersebut juga mengungkit soal-soal ujian yang menurutnya tidak sebanding dengan praktik pengabdian berpuluh-puluh tahun lamanya.

"Tetapi tahukah mas menteri? Soal-soal yang mas menteri berikan hanya teori belaka saja. Tak sebanding dengan praktik pengabdian berpuluh-puluh tahun lamanya. Akhirnya, passing grade pun tak diraih, pecahlah tangis beliau di dalam hati," tulis Novi.

Novi mengatakan, guru honorer tersebut memiliki andil yang besar dalam membangun negeri. Dia berharap Nadiem Makarim memberikan keringanan untuk guru honorer tersebut agar bisa menikmati masa tua dengan kehidupan yang lebih layak.

"Sudi kiranya mas menteri memberikan keringanan untuk melihat beliau bisa menikmati masa tua dengan sepatu dan kehidupan yang layak. Tak usah diperumit," tulisnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US