Presiden Jokowi Kirim 20 Ton Jagung ke Peternak yang Viral karena Bentangkan Poster

- Senin, 20 September 2021 | 17:12 WIB
Bantuan 20 ton jagung dari Jokowi (Dok. Humas Polres Blitar Kota)
Bantuan 20 ton jagung dari Jokowi (Dok. Humas Polres Blitar Kota)

Presiden Jokowi akhirnya mengirimkan bantuan jagung kepada Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Suroto sempat viral karena membentangkan poster soal mahalnya harga jagung dan telur murah, ketika kunjungan Presiden Jokowi di Blitar, awal September 2021.

"Bantuan yang diberikan ada dua truk, itu 20 ton jagung pipil kering. Kualitasnya juga grade bagus, standar internasional," kata Suroto, Senin (20/9/2021).

Suroto pun berterima kasih atas bantuan tersebut. Dia senang Presiden mengapresiasi aspirasi peternak kecil seperti dirinya.

"Perhatian dan apresiasi Bapak Presiden begitu cepat. Begitu menginstruksikan untuk mengirimkan jagung sudah dilaksanakan. Presiden langsung mengutus sekretaris pribadinya untuk menemui saya dan memberikan bantuan gratis ini," kata dia.

Selain akan dimanfaatkan sendiri, sebagian dari jagung-jagung bantuan Presiden tersebut juga akan diberikan pada tetangganya sesama peternak kecil.

"Ini saya ambil secukupnya, sisanya saya bagi ke peternak di lingkungan desa saya yang populasinya sedikit. Entah satu karung, dua karung, pokoknya bagi-bagi berkat," ujar dia.

Menurut dia, adanya kebijakan saat pandemi COVID-19 serta PPKM membuat peternak kecil seperti dirinya sangat kesulitan. Pandemi membuat usahanya terimbas, karena harga jual telur yang semakin murah, sedangkan pakan mahal.

-
Poster yang dibentangkan saat kedatangan Presiden Jokowi. (Istimewa)

Ia juga bersyukur dengan bantuan ini. Ke depan, ia berharap harga pakan akan sesuai dengan aturan dari Kementerian Perdagangan yakni Rp4.500 per kilogram. Saat ini, harga jagung sudah sekitar Rp6 ribu per kilogram.

Pemberian bantuan jagung itu diserahkan langsung oleh staf Presiden ke Suroto, di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X