The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Netizen, Stop Perdebatkan Covid-19, Lebih Baik Fokus Prokes
Warga berjalan di dekat mural bertema pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/Aprilio Akbar)
News

Dear Netizen, Stop Perdebatkan Covid-19, Lebih Baik Fokus Prokes

Minggu, 01 Agustus 2021 10:02 WIB 01 Agustus 2021, 10:02 WIB

INDOZONE.ID - Hampir dua tahun Indonesia menghadapi COVID-19 dan sudah banyak korban yang berjatuhan. Namun, hingga hari ini masih banyak orang yang memperdebatkan virus yang disebut berasal dari Wuhan, China itu.

Perdebatan masyarakat melalui obrolan di warung kopi atau bahkan di perkantoran mengenai ada tidaknya virus corona yang saat ini berkembang dengan varian barunya itu, terus terjadi di tengah melonjaknya kasus positif dan angka kematian akibat COVID-19, sejak Juni 2021.

Masih adanya perdebatan mengenai COVID-19 mendorong penyintas atau orang yang pernah terinfeksi virus itu bersuara, berbagi pengalaman menjalani kehidupan dengan terinfeksi virus tersebut.

Adalah Anwar Sadat, salah satu penyintas COVID-19 yang mengajak masyarakat untuk berhenti memperdebatkan COVID-19. Lebih baik menjaga protokol kesehatan, kata Anwar.

Mantan Direktur Walhi Sumsel itu berbagi pengalaman bagaimana ia harus berjuang menghadapi virus yang menggerogoti tubuhnya.

"Sekarang ini stop memperdebatkan COVID-19, penyakit yang diakibatkan virus tersebut secara pribadi saya merasakan ada dan cukup menyiksa. Kunci mencegah terinfeksi virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta mengikuti program vaksinasi," kata Anwar.

Anwar kemudian memberi tips saat menghadapi COVID-19. Jika terinfeksi COVID-19 usahakan jangan panik, jangan sampai menjangkiti keluarga lainnya, terutama bayi dan lansia serta terhadap mereka yang mempunyai penyakit komorbid/kronis.

Selain itu, jika gejalanya ringan cukup menjalani isolasi mandiri di rumah, mengonsumsi obat dan vitamin, serta berolahraga dan berjemur di bawah Matahari pagi hari.

Fokus protokol kesehatan dan menjaga asupan makanan jauh lebih baik dan 'menguntungkan' ketimbang harus berdebat soal COVID-19 yang menghabiskan energi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US