The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KSAL Sebut KRI Nanggala-402 Sudah Biasa Latihan Menembak Torpedo
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.(ANTARA/Budi Candra)
News

KSAL Sebut KRI Nanggala-402 Sudah Biasa Latihan Menembak Torpedo

Sudah sering.

Kamis, 06 Mei 2021 17:51 WIB 06 Mei 2021, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan kondisi dan riwayat pemeliharaan kapal selam KRI Nanggala-402 sebelum adanya peristiwa tenggelam di laut Bali.

Yudo menyatakan, KRI Nanggala 402 sudah melakukan overhaul di galangan DSME Korea Selatan. Adapun overhaul tersebut dilakukan kurang lebih pada 9 tahun lalu yakni pada tahun 2012.

"Selanjutnya setiap tahun dilaksanakan proses pemeliharaan tingkat menengah tingkat menengah dikotama hingga 2020 melaksanakan pemeliharaan menengah dikotama dan docking. Dan dalam rangka latihan 2021 dilakukan pemeliharaan tingkat menengah," ujar Yudo saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Kamis (6/5/2021).

Karenanya menurut Yudo kondisi KRI Nanggala-402 sejatinya sudah sering dan terbiasa melaksanakan penembakan Torpedo SUT (Surface and Underwater Target).

"Dengan demikian dapat dikatakan KRI Nanggala sudah sering dan terbiasa melaksanakan penembakan torpedo SUT, baik kepala perang maupun kepala latihan dengan berbagai sasaran, baik kapal permukaan maupun target latihan lainnya," papar Yudo

Yudo lebih dalam memaparkan, bilamana riwayat KRI Nanggala-402 dari awal sampai akhir sudah pernah melaksanakan tembakan SUT. Baik kepala perang maupun kepala latihan sudah 17 kali.

BACA JUGA: Apes, Pelaku Ganjal ATM Terciduk saat Beraksi di Cibinong, Diamuk Warga Hingga Berdarah

Kemudian dua kali melaksanakan penembakan kepala perang dan mengenai sasaran dan sasaran tenggelam.

"Dan juga latihan di laut Bali tersebut, KRI Nanggala juga pernah menenggelamkan salah satu sasaran dan menggunakan torpedo kepala perang," tandas Yudo.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US