Kode Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI: Antar Jokowi saat Mau ke Italia

- Rabu, 3 November 2021 | 18:21 WIB
Kolase foto Jenderal Andika Perkasa (Antara) dan Jokowi (Instagram)
Kolase foto Jenderal Andika Perkasa (Antara) dan Jokowi (Instagram)

Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Penunjukan itu disampaikan Jokowi melalui Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Jokowi mengajukan Andika Perkasa sebagai calon tunggal pengganti Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Ternyata, sebelum penunjukan ini, sudah ada kode-kode yang ditunjukkan Jokowi dalam sebulan terakhir. Hanya saja, tidak semua orang dapat membaca kode tersebut.

Salah satu orang yang bisa membaca kode tersebut adalah pengamat militer Ridlwan Habib.

Menurut Ridlwan, setidaknya ada tiga kode yang terbaca dari gerak-gerik Jokowi.

Kode pertama, kata Ridlwan, terlihat dari ucapan Jokowi ke istrinya, Iriana, saat melihat pameran alutsista di Peringatan HUT TNI 5 Oktober 2021. 

"Saat itu, Jokowi menawari Iriana naik kendaraan alutsista darat seraya bercanda akan disopiri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa," ujar Ridlwan, seperti dikutip Indozone dari Antara pada Rabu (3/11/2021).

Kode kedua, lanjut Ridlwan, tampak dari kunjungan Mensesneg Pratikno di Mabes Angkatan Darat. 

Dalam video yang diunggal kanal Youtube resmi TNI AD pada 11 Oktober itu, Pratikno terlihat berkeliling di markas TNI AD, didampingi Andika.

Kode terakhir terlihat saat Andika Perkasa ikut mengantar Jokowi yang akan terbang ke Roma, Italia, untuk menghadiri acara KTT G20. Andika bahkan mengantarkan Jokowi sampai tangga pesawat.

Andika Pensiun 2022

Masih menurut Ridlwan, ditunjuknya Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI ini juga berkaitan dengan masa dinasnya yang akan berakhir tahun depan (2022).

-
Jokowi saat melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD. (Antara foto)

Adapun Kasal Yudo Margono pensiun 2023, sementara Kasau pensiun pada April 2024 atau pada saat pilpres akan dihelat.

"Kalau melihat dinamikanya memang Kasad Jenderal Andika yang paling berpeluang dipilih sehingga tahun depan bisa ada Panglima TNI yang baru lagi dengan masa jabatan panjang melampaui pelaksanaan Pilpres 2024," beber Ridlwan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X