Indonesia Secara Resmi Jadi Ketua KTT G20 Usai Jokowi Terima Palu Sidang dari PM Italia

- Senin, 1 November 2021 | 11:46 WIB
Presiden Jokowi menerima estafet palu Presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis. (Instagram/Joko Widodo)
Presiden Jokowi menerima estafet palu Presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis. (Instagram/Joko Widodo)

Presiden Joko Widodo secara resmi menerima palu estafet selaku ketua KTT G20 dari Perdana Menteri Italia.

Dengan demikian Indonesia meneruskan estafet keketuaan atau presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022.

Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021.

"Saya menerima palu sidang dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi pada sesi penutupan KTT G20 Roma, semalam," tulis Presiden Joko Widodo dalam akun media sosialnya seperti yang dikutip Indozone, Senin (1/11/2021).

Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis menyerahkan palu kepada Presiden Jokowi yang kemudian mengetukkan palu tersebut.

"Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 di tahun 2022," sebut Jokowi.

Menurutnya presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger”.

Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

"Pada kesempatan tersebut, saya mengundang para pemimpin dunia yang hadir untuk melanjutkan diskusi pada KTT G20 di Indonesia yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022," katanya.

"Sampai bertemu di Indonesia. Terima kasih," ucapnya lagi.

Dalam intervensinya, Presiden Jokowi mengapresiasi Italia yang telah berhasil memegang presidensi G20 tahun 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X