The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inspiratif! Dokter Ini Berikan Operasi Bibir Sumbing  Gratis ke 37 Ribu Anak
Dr. Subodh Kumar Singh. (photo/New Indian Express)
News

Inspiratif! Dokter Ini Berikan Operasi Bibir Sumbing Gratis ke 37 Ribu Anak

Minggu, 19 Desember 2021 11:11 WIB 19 Desember 2021, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Seorang dokter bedah asal India ini menjadi sosok yang sangat dikagumi banyak orang. Pasalnya, ia mendedikasikan hidupnya untuk membawa kembali senyuman para keluarga dengan memberikan layanan operasi bibir sumbing secara gratis kepada anak-anak.

Dikutip dari New Indian Express, Minggu (19/12/2021), dokter tersebut bernama Dr. Subodh Kumar Singh. Ia lahir dari keluarga sederhana di Varanasi, di negara bagian Uttar Pradesh, India.

Sejak usia 13 tahun, Dr. Subodh Kumar Singh telah ditinggal sang ayah. Semenjak sang ayah tiada, ia dan sang kakak harus menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan lilin, kacamata hingga sabun di jalanan.

"Beberapa bulan setelah kematian ayah saya, kakak laki-laki tertuanya mendapat pekerjaan di Kereta Api atas dasar belas kasihan, tetapi keuangan keluarga jauh dari memuaskan," sambungnya.

Sang kakak yang sudah bekerja kala itu memutuskan untuk menggunakan bonus yang diterima untuk menyekolahkan Dr. Subodh di Institut Ilmu Kedokteran.

Pasca lulus kuliah, Dr. Subodh mendapati banyaknya anak-anak yang terlahir dengan bibir sumbing. Bersama dengan Smile Train India, mereka memberikan layanan operasi bibir sumbing secara gratis. Upaya yang mereka lakukan pun mendapat dukungan dari berbagai lembaga lainnya.

Sejak 2002 hingga 2005, setidaknya sudah lebih dari 37 ribu operasi gratis telah ia dilakukan bersama timnya.

"Kami tidak hanya memperbaiki kelainan bawaan, tetapi juga menyatukan kembali keluarga di mana para suami menelantarkan istri karena melahirkan bayi sumbing. Tim kami telah menyelamatkan ratusan anak sumbing yang kekurangan gizi parah melalui program pelatihan dukungan nutrisi yang terfokus," katanya.

Pada tahun 2008, kisah inspiratif Dr. Subodh bersama rekan-rekannya diangkat menjadi film dokumenter berdurasi 39 menit yang berjudul Smile Pinki. 

Film tersebut bercerita soal Dr Singh dan timnya mengubah kehidupan gadis kecil sumbing yang kurang mampu bernama Pinki Sonkar. Film tersebut memenangkan Oscar dalam kategori Dokumenter Pendek Terbaik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Silvia Marissa
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US