Varian Omicron Jadi Alasan WTO Tunda Konferensi Tingkat Menteri di Jenewa

- Sabtu, 27 November 2021 | 13:29 WIB
Poster konferensi Tingkat Menteri terlihat di markas WTO. (REUTERS/Denis Balibouse)
Poster konferensi Tingkat Menteri terlihat di markas WTO. (REUTERS/Denis Balibouse)

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menunda konferensi tingkat menteri yang akan berlangsung di Jenewa, Swiss. Penundaan ini terjadi karena ketakutan varian baru Covid-19 yang diidentifikasi di Afrika Selatan.

Anggota WTO mengambil keputusan pada pertemuan darurat yang diadakan pada Jumat malam (26/11/2021) untuk membahas alternatif untuk konferensi menteri mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Ketua Dewan Umum Dacio Castillo mengatakan bahwa konferensi akan diadakan setelah kondisi memungkinkan.

Baca juga: WHO Resmi Menamai Varian Baru Covid-19 Botswana dengan Omicron

"Prioritas saya adalah kesehatan dan keselamatan semua peserta MC12, menteri, delegasi, dan masyarakat sipil," kata Direktur Jenderal Ngozi Okonjo-Iweala kepada Rueters.

Varian baru yang telah dinamai omicron oleh Organisasi Kesehatan Dunia diklaim sangat menular, sehingga menjadi perhatian para ilmuwan.

Ketakutan akan varian baru ini membuat beberapa negara seperti merika Serikat, Kanada, Rusia, dan sejumlah negara lain membatasi perjalanan dengan Afrika Selatan.

Pakar medis, termasuk WHO, memperingatkan agar tidak bereaksi berlebihan sebelum varian itu dipelajari secara menyeluruh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X