Anggota DPRD DKI Protes Anies Tak Hadiri Paripurna dan Pilih Pencitraan Diri Sendiri

- Senin, 25 April 2022 | 13:52 WIB
Kiri: Sejumlah warga memadamkan api di pasar Gembrong. (ANTARA/Fakhri Hermansyah), Kanan: Gubernur ANies Baswedan di Pasar Gembrong (Instagram/@aniesbaswedan)
Kiri: Sejumlah warga memadamkan api di pasar Gembrong. (ANTARA/Fakhri Hermansyah), Kanan: Gubernur ANies Baswedan di Pasar Gembrong (Instagram/@aniesbaswedan)

Anggota DPRD DKI Jakarta Basri Baco memprotes Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena tidak hadir dalam beberapa rapat paripurna yang membahas agenda penting, salah satunya laporan pertanggungjawaban APBD 2021.

"Ini pesan keras buat Pak Gubernur, Pak Wagub dan eksekutif, tolong jangan hanya pentingkan kepentingan dan pencitraan diri sendiri," kata Basri dalam rapat paripurna penyampaian rekomendasi DPRD DKI soal Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Senin (25/4/2022).

Anggota Komisi E yang membidangi kesejahteraan rakyat itu menyampaikan interupsi terkait tidak hadirnya Anies, sesaat setelah perwakilan DPRD DKI menyampaikan rekomendasi soal LKPJ yang dibacakan Anggota DPRD, Anggara Wicitra Sastroamidjojo.

"Ini saya rasa menjadi keluhan seluruh fraksi dan seluruh masyarakat dan biarlah Golkar yang berbicara menyampaikan mungkin mewakili seluruh fraksi," imbuh Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI itu.

Dalam rapat paripurna itu, eksekutif diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Kepada Riza Patria, Basri meminta agar dikomunikasikan kepada Anies terkait protes tersebut sekaligus menyelesaikan sejumlah masalah yang menyangkut rakyat Jakarta.

"Saya mengamati beberapa paripurna Pak Gubernur tidak pernah hadir, selalu diwakili oleh Pak Wagub terus. Padahal berhentinya gubernur dan wakil gubernur bersamaan," ucapnya.

Sebelumnya, pada rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI Jakarta tahun Anggaran 2021 pada Rabu (6/4/2022), Anies tidak hadir. Ia diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria untuk penyampaian LKPJ tersebut.

"Pokoknya ada acara. Sekali-sekali Wagub yang bacakan," ujar Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/4/2022).

BACA JUGA: Anies Klaim Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Berjalan Sukses, Apa Faktornya?

Kemudian pada agenda penandatanganan kesepahaman Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) 2021 pada 14 Oktober 2021, Anies juga tidak hadir.

Ia memilih mampir menghadiri acara kolaborasi di salah satu Warteg di Matraman, Jakarta Timur dibandingkan menghadiri sidang paripurna.

Sedangkan pada rapat paripurna Senin (25/4/2022) ini Anies meninjau lokasi kebakaran kawasan permukiman dan kios di Pasar Gembrong di Jakarta Timur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X