Viral Penumpang Bandara Internasional Yogyakarta Berdiri Saat Lagu Indonesia Raya Diputar

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:21 WIB
Penumpang berdiri saat lagu Indonesia Raya diputar (Instagram/dhika.dr)
Penumpang berdiri saat lagu Indonesia Raya diputar (Instagram/dhika.dr)

Viral video yang memperlihatkan pemutaran lagu Indonesia Raya di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA).

Pada video yang diunggah oleh akun @dhika.dr tampak sejumlah  penumpang berdiri dengan sikap siap saat lagu kebangsaan Indonesia itu diputar.

Dokter Andhika Raspati, pengunggah video tersebut, mengatakan bahwa awalnya dia menyangka hanya dia sendiri yang akan berdiri saat lagu dimainkan.

“Di Yogyakarta Internasional Airport YIA, setiap jam 10 pagi, lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Menjelang jam 10, jujur gue sempat skeptis dan pesimis. Gue mikir ‘Ah, paling yang berdiri gue doang. Biarin lah kayak anak sekolah disetrap,” tulisnya, dikutip Jumat (4/6/2021).

Dugaannya salah besar. Ternyata, seluruh penumpang yang berada di boarding room langsung mengambil sikap sempurna sebagai bentuk penghormatan terhadap lagu Indonesia Raya.

"Merinding gw. Ternyata masih banyak orang yang cinta dan merasa memiliki republik ini, terlepas dari segala permasalahan yang ada. We still have hope, after all,

"Semoga Indonesia segera pulih. Pulih dari pandemi. Pulih dari perpecahan2 yang kadang disebabkan hal yang ga sepenting itu. Aamiin," pungkasnya.

Netizen menambahkan bahwa kebijakan ini berlaku di seluruh Provinsi DIY karena Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X telah mengeluarkan Surat Edaran tentang pemutaran lagu Indonesia Raya di ruang publik, setiap pukul 10 pagi.

Lagu Indonesia Raya diperdengarkan satu stanza dan semua yang mendengar wajib berdiri tegak menunjukkan sikap hormat.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X