The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terkuak! Kakak Kim Jong Un yang Tewas Dibunuh, Kim Jong Nam Ternyata Mata-mata Korsel
Kim Jong Nam dan Kim Jong Un (Reuters)
News

Terkuak! Kakak Kim Jong Un yang Tewas Dibunuh, Kim Jong Nam Ternyata Mata-mata Korsel

Jumat, 22 Oktober 2021 10:04 WIB 22 Oktober 2021, 10:04 WIB

INDOZONE.ID - Misteri kematian kakak Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yaitu Kim Jong Nam beberapa tahun lalu, mulai terkuak. Dikabarkan, Kim Jong Nam ternyata merupakan intelijen Korea Selatan.

Media penyiaran Korsel, SBS melaporkan bahwa selama ini Kim Jong Nam memberikan berbagai informasi kepada badan intelijen Korsel.

Kim Jong Nam sendiri merupakan anak sulung mantan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il. Pada Februari 2017, dia dibunuh dengan racun saraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Beredar isu bahwa Kim Jong Un berada di balik pembunuhan tersebut. Kim Jong Nam memang tak dihormati di Korut. Pejabat Korut tak menyukai dirinya karena diyakini akan melakukan perubahan drastis jika menjadi pemimpin di negara otoriter tersebut.

Kim Jong Nam pun akhirnya hidup dalam pengasingan. Siapa sangka, dia juga memberikan berbagai informasi rahasia ke Korsel, seperti kondisi kesehatan Kim Jong Un dan ambisinya mengenai senjata nuklir.

“Kim telah memberikan NIS informasi mengenai keadaan pemerintahan dan kekuatan para pejabat tinggi rezim, termasuk Kim Jong-un, selama lima atau enam tahun sebelum kematian,” ujar SBS, dikutip dari National Post, Jumat (22/10/2021).

Kim Jong Nam juga sempat dilaporkan merupakan informan CIA. Kim Jong Nam disebut sempat berusaha mendapatkan suaka dari Korsel. Namun, ditolak karena bisa membuat hubungan Korsel-Korut kian memanas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US