Melbourne Resmi Akhiri Lockdown Terlama, Warga Sambut dengan Sorak Gembira

- Senin, 25 Oktober 2021 | 10:59 WIB
Potret kota Lockdown saat malam hari. (Instagram/abcnews)
Potret kota Lockdown saat malam hari. (Instagram/abcnews)

Beredar video teriakan kegembiraan warga Melbourne, Australia yang merayakan berakhirnya masa lockdown terlama di dunia, dan aktivitas penduduk resmi diizinkan kembali pada Jumat (22/10).

Melbourne diketahui adalah kota di dunia yang menerapkan lockdown terlama yakni 9 bulan atau selama 262 hari. Melbourne mengunci perbatasan di daerahnya sejak Maret 2020.

Dikutip dari Reuters, Senin (25/10),Perdana Menteri Australia Daniel Andrews mengatakan perbatasan Melbourne akan semakin dilonggarkan mulai minggu ini, disusul dengan negara bagian Victoria yang akan mencapai tingkat vaksinasi 80 persen.

Pelonggaran itu akan membebaskan warga Melbourne untuk bepergian ke seluruh negara bagian.

"Ada kesepakatan mendasar yang telah kami capai dengan komunitas Victoria, kami meminta Anda untuk divaksinasi, Anda telah melakukannya dalam waktu singkat dan jumlahnya mencapai rekor," ujar Daniel. 

Pada Minggu, Victoria mencatatkan kasus hariannya sebanyak 1.935 kasus baru dan 11 kematian.

Daniel mengatakan, pihaknya berharap hingga akhir November, tingkat vaksinasi di negara itu telah mencapai 90 persen.  Percepatan vaksinasi itu diharapkannya demi melihat penonton di Melbourne Cricket Ground untuk Boxing Day Test pada 26 Desember antara Australia dan Inggris bisa mencapai lebih dari 80.000 orang.

"Ini pendekatan kami untuk mencoba dan mencapai kehidupan sedekat mungkin dengan normal,"  ujar Daniel.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ABC News (@abcnews)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X