The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

PLN Targetkan 112 Gardu Listrik Terdampak Erupsi Semeru Pulih Sore Ini
Sejumlah pekerja memasang jaringan transmisi tenaga listrik di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (2/12/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp)
News

PLN Targetkan 112 Gardu Listrik Terdampak Erupsi Semeru Pulih Sore Ini

79 gardu belum pulih.

Senin, 06 Desember 2021 10:29 WIB 06 Desember 2021, 10:29 WIB

INDOZONE.ID - PT PLN (Persero) menargetkan pemulihan operasional 79 gardu distribusi listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru, dapat selesai seluruhnya pada Senin (6/12/2021) sore nanti. Dalam catatan PLN, terdapat 112 gardu listrik yang terkena dampak letusan Semeru.

"Diupayakan jam 17.00 WIB bisa kita nyalakan semua," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/12/2021).

Dia menjelaskan, erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021), telah membuat aliran listrik di wilayah Lumajang dan sekitarnya padam. Hal ini lantaran sebanyak 112 gardu listrik terkena dampak letusan tersebut.

Kemarin, PLN telah berhasil memulihkan 33 gardu listrik yang mengalami kerusakan, sehingga 7.697 dari total 30.523 pelanggan dapat kembali mendapat pasokan listrik. Sebanyak 10 gardu listrik lainnya juga tengah dalam proses pemulihan, namun erupsi sempat kembali terjadi sehingga membuat proses pengerjaan harus ditunda.

"Dalam upaya pemulihan listrik di lokasi bencana, bagi kami keselamatan masyarakat tetap yang utama, dan PLN masih terus berupaya memulihkan seluruh pasokan listrik ke pelanggan," katanya.

Hari ini, PLN akan kembali melakukan upaya pemulihan terhadap 79 gardu distribusi yang terdampak. Keadaan ini membuat 22.826 pelanggan yang berada di wilayah Desa Pronojiwo, Desa Supit Urang, Desa Taman Ayu, Desa Tempursari dan Desa Curah Kobokan yang tak mendapat pasokan listrik

Adi mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi petugas PLN dalam upaya pemulihan listrik ini adalah akses ke lokasi yang belum dapat dijangkau. Ini lantaran akses jalan utama, yaitu Jembatan Perak Piketnol roboh akibat erupsi.

"Saat ini akses menuju lokasi masih tertutup, akibat patahnya jembatan Perak di Pronojiwo. Personel PLN segera mengamankan pasokan listrik saat akses kembali dibuka," katanya.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US