25 WNI Telah Dievakuasi dari Ukraina ke Rumania

- Minggu, 27 Februari 2022 | 16:59 WIB
WNI di Ukraina dievakuasi ke Rumania. (Dok. Kemlu)
WNI di Ukraina dievakuasi ke Rumania. (Dok. Kemlu)

Sebanyak 25 warga negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari wilayah Ukraina, yang terus mendapat gempuran dari Rusia.

Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui akun Twitter-nya @Kemlu_RI, Minggu (27/2/2022) menginformasikan 25 WNI dievakuasi ke Rumania.

“Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina, dan telah tiba di wilayah Rumania,” tulis akun tersebut.

Selanjutnya para WNI itu akan ditempatkan di Bukares, ibu kota Rumania.

“Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina. Keamanan dan keselamatan WNI selalu menjadi prioritas utama,” demikian Kemlu menyampaikan.

Baca juga: Bukan Memblokir Nomornya, Ini 3 Cara Halus Menolak Mantan yang Ngajak Balikan, Tegaskan!

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha, mengatakan WNI akan dievakuasi ke Polandia maupun Rumania dengan melihat perkembangan situasi di lapangan.

“Sudah ada 82 WNI yang sudah berkumpul di KBRI Kiev sebagai titik lokasi untuk evakuasi. WNI yang ada di KBRI Kiev maupun WNI yang masih berada di luar kantor KBRI di Kiev juga dalam kondisi aman dan sehat,” tuturnya saat jumpa pers, Sabtu (26/2/2022). 

“Bagi WNI yang ada masih ada di luar KBRI Kiev, kita sudah menyiapkan tim untuk segera menjemput mereka untuk segera bergabung dengan rombongan yang akan meninggalkan Ukraina untuk menuju ke Polandia dan Rumania,” lanjut Judha Nugraha melansir Antara.

Saat ini, lanjut dia, Polandia masih membuka pintu perbatasan untuk pengungsi. Para pengungsi boleh tinggal di Polandia selama 15 hari.

Data terbaru saat ini, total WNI yang berada di Ukraina sebanyak 153 orang, terdiri dari  82 orang di Kiev, Odesa 25 orang, Chernihiv 9 orang, Kharkiv 4 orang, Lviv 3 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X