Pemkot Pontianak Bakal Bangun Masjid Terapung Tambah Landmark Kota

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:52 WIB
Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat akan membangun masjid dengan konsep terapung dalam menambahkan landmark dan kota itu. (Istimewa)
Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat akan membangun masjid dengan konsep terapung dalam menambahkan landmark dan kota itu. (Istimewa)

Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat diakbarkan bakal membangun masjid dengan konsep terapung untuk menambahkan landmark dari kota itu.

"Saya ingin ada tambahan karya arsitektur yang bisa menjadi salah satu landmark kota di tepian Sungai Kapuas berupa masjid terapung," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Sabtu (15/05), seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan bahwa walaupun baru sebatas konsep, rencana pembangunan masjid terapung diharapkan bisa terealisasi.

Gagasan konsep pembangunan masjid di tepian sungai ini sebagai implementasi menyatu dengan lingkungan alam sehingga membuat ikatan kuat antara manusia dengan pencipta-Nya.

Sementara itu, terkait lokasi pembangunan , Edi menyatakan masih perlu dilakukan kajian lebih detail untuk menentukan titik yang tepat.

"Berdirinya masjid terapung membawa filosofi yang dalam, utamanya habluminannas dan habluminallah," katanya.

Masjid terapung itu mempunyai desain arsitektur yang menarik dan berbeda dari lainnya. Desainnya tidak terlepas dari kehidupan di sepanjang tepian Sungai Kapuas dengan keberadaan rumah-rumah tepian sungai, aktivitas kapal bandong dan lainnya. Dinding-dinding didesain dengan celah-celah sedemikian rupa sehingga cahaya menembus di deretan shaf tempat bersujud.

"Untuk desainnya kita menyerahkan pada arsitek Pontianak yang punya inovasi dan kepedulian terhadap ekowisata," ungkap Edi.

Lebih lanjut, dalam akun Instagram pribadinya @edikamtono, Wali Kota Pontianak ini membagikan postingan konsep desain masjid terapung secara visual. Dalam visual tersebut, tampak bangunan masjid terbuat dari kayu berdiri megah di atas tepian sungai bagian-bagian tertentu pada dinding memiliki celah untuk masuk cahaya.

Sementara jendela menggunakan jendela nako, dan bagian atapnya berbentuk kerucut dengan atap sirap. Sementara bagian teras masjid menghadap ke sungai, di mana bagian depannya bertangga-tangga.

Postingan ini pun mendapatkan beragam tanggapan positif dari warganet dan mendukung agar rencana pembangunan masjid terapung itu bisa segera terwujud.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X