Bernard Madoff Penipu Skema Ponzi Meninggal di Penjara di Usia 82 Tahun

- Kamis, 15 April 2021 | 14:26 WIB
Bernard Madoff Penipu Skema Ponzi Meninggal (wikipedia)
Bernard Madoff Penipu Skema Ponzi Meninggal (wikipedia)

Penipu keuangan terbesar di dunia, Bernard Madoff yang merupakan dalang di balik skema Ponzi dikabarkan meninggal pada hari Rabu (14/4) di penjara federal Butner, North Carolina, Amerika Serikat di usianya yang 82 tahun.

Penyebab kematiannya tidak dirilis oleh Biro penjara Amerika Serikat.

Akibat kejahatan yang dilakukannya, Madoff harus menjalaankan hukuman 150 tahun di Penjara Federal.

Pada Februari 2020, dia mengajukan petisi ke pengadilan untuk pembebasan dini dari penjara, menyatakan bahwa dia menderita gagal ginjal terminal dan harapan hidup kurang dari 18 bulan. Tapi kantor Kejaksaan AS untuk distrik selatan New York menolak permintaan tersebut.

Hakim Denny Chin, yang awalnya telah menjatuhkan hukuman 150 tahun, menolak permintaan pembebasannya, menyebut kejahatannya salah satu kejahatan keuangan paling mengerikan yang terus memakan korban.

Madoff dalang di balik skema Ponzi penipuan keuangan terbesar dalam sejarah divonis pada tahun 2009.

Dikutip dari CNN, pengacara Madoff mengatakan bahwa sampai kematiannya Madoff hidup dengan rasa bersalah dan penyesalan atas kejahatannya.

Dia memiliki karier legendaris di Wall Street, yang terkenal memberikan keuntungan luar biasa bagi investornya, termasuk sutradara Steven Spielberg, aktor Kevin Bacon dan Kyra Sedgwick dan pemilik New York Mets Fred Wilpon.

Madoff lahir 29 April 1938, di wilayah Queens, New York City, di mana dia bertemu dengan istrinya Ruth di sekolah menengah. Mereka memiliki dua putra, keduanya bekerja untuk perusahaan ayah mereka. Mark Madoff, putra sulungnya, meninggal karena bunuh diri pada 2010.

Saudara laki-laki Madoff, Peter, juga menjalani hukuman penjara 10 tahun karena keterlibatannya dalam skema tersebut. Dia dijatuhi hukuman pada 2012 dan dibebaskan dari penjara pada November 2019, ke kurungan rumah. Pengurungan rumahnya berakhir pada Agustus tahun lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X