Belanda Resmi Izinkan Keluarga Kerajaan Menikah Sesama Jenis

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:33 WIB
Ilustrasi pernikahan sesama jenis. (REUTERS/Phil Noble)
Ilustrasi pernikahan sesama jenis. (REUTERS/Phil Noble)

Sejak 2001, pemerintah Belanda telah melegalkan pernikahan sesama jenis. Akan tetapi, aturan itu disebut tidak berlaku bagi putra dan putri kerajaan. Itu karena aturan monarki meminta adanya ahli waris.

Dikutip dari BBC, Rabu (13/10), kini Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan bahwa keluarga kerajaan boleh melakukan pernikahan sesama jenis, tak menutup kemungkinan bagi raja dan ratu sekalipun.

Masa depan pewaris takhta Kerajaan Belanda, Putri Amalia menjadi sorotan. Amalia diketahui menolak tunjangan kerajaan yang merupakan haknya saat akan menjadi mahasiswa kelak.

Yang menjadi sorotan lainnya adalah sebuah buku yang mengangkat isu tentang kemungkinan saat Amalia memilih menikah dengan sesama jenis.

Rutte menjelaskan persoalan itu dan mengatakan bahwa hal itu diperbolehkan.

"Oleh karena itu, kabinet tidak melihat bahwa pewaris takhta atau raja harus turun takhta jika dia ingin menikah dengan pasangan yang berjenis kelamin sama," ujar Rutte.

Lalu, muncul pertanyaan soal suksesi kekuasaan jika ada anak yang lahir dari hasil donor sperma atau adopsi. Hal itu karena konstitusi Belanda mengatakan kalau raja atau ratu hanya bisa digantikan dengan keturunan yang sah.

"Ini sangat rumit," kata Rutte.

Untuk saat ini, Rutte mengatakan jawaban atas pertanyaan itu murni soal teoritis dan tergantung dengan parlemen.

"Mari kita menyeberangi jembatan itu jika kita sampai di sana," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X