The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Luhut & Menkes Berkunjung ke AS, Jajaki Obat Covid-19  untuk Indonesia
Molnupiravir, obat Covid-19. (Foto/Merck & Co Inc/Handout via REUTERS)
News

Luhut & Menkes Berkunjung ke AS, Jajaki Obat Covid-19 untuk Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 10:07 WIB 19 Oktober 2021, 10:07 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ini tengah berada di Amerika Serikat (AS). 

Luhut mengatakan kunjungannya ke AS bersama Menkes Budi untuk datang ke Merck, perusahaan yang akan memproduksi obat Covid-19, Molnupiravir.

"Saat ini saya bersama dengan Menteri Kesehatan sedang berada di Amerika Serikat untuk melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat Molnupiravir," ujar Luhut, Senin (18/10).

Selain upaya percepatan vaksinasi dan juga kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Luhut menyebut penjajakan obat Covid-19 merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi.

Luhut mengatakan, setidaknya pemerintah tengah menyiapkan 3 obat Covid-19 untuk menyembuhkan pasien Covid-19, salah satunya Molnupiravir dari Merck.

Terdapat juga proxalutamide, jenis obat lain yang sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan sedang berproses di BPOM. Lalu, ada obat AT-527 yang dikembangkan Roche and Athea.

Namun, Luhut menyebut pemerintah tak hanya akan menjadi pembeli obat, namun juga mengusahakan untuk memproduksi beberapa jenis obat itu.

"Namun saya dapat sampaikan bahwa kita tidak ingin hanya sekedar menjadi pembeli, kita harapkan produsen obat tersebut melakukan kerja sama, melakukan investasi dan produksinya di Indonesia," ujar Luhut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Silvia Marissa
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US