5 Alergi Paling Aneh yang Dialami Manusia

- Selasa, 18 Juni 2019 | 15:22 WIB
Freepik
Freepik

Alergi adalah suatu kondisi pada tubuh manusia yang bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Setiap orang bisa saja mengalami alergi berbeda-beda, tergantung sistem kekebalan tubuhnya. Biasanya, alergi akan membuat kulit terasa gatal atau efek samping lainnya.

Namun ternyata, beberapa orang mengalami alergi pada hal-hal tidak terduga. Berikut ini 5 alergi teraneh yang pernah dialami manusia:

1. Alergi Uang

-
libertycoinandcurrency

Secara konvensional, ada dua jenis uang yaitu kertas dan koin. Faktanya, ada beberapa orang yang mengalami alergi aneh terhadap benda yang biasa digunakan sebagai alat tukar ini. Biasanya, orang mengidap alergi pada jenis uang logam yang terbuat dari bahan nikel. Reaksi yang ditimbulkan adalah ruam dan gatal di kulit atau disebut contact dermatitis.

2. Alergi Sentuhan

-
Pexels/dariashevtsova

Jenis alergi ini termasuk dalam urtikaria fisik atau disebut dermographism yang artinya menulis di kulit. Alergi ini akan menimbulkan ruam kemerahan dan rasa gatal setiap kali ada sesuatu yang menggores kulit seseorang. Misalnya, ketika mengenakan pakaian kulit. Umumnya, alergi ini berlangsung sekitar 30 menit.

3. Alergi Air

-
Unsplash

Sebutan alergi ini adalah aqua urtikaria genic. Orang akan mengalami gatal-gatal hingga benjolan merah pada kulit setelah kontak dengan air. Namun, kondisi ini tidak berpengaruh jika seseorang meminum air. Ini hanya terjadi pada bagian kulit terluar saja.

4. Alergi Cahaya

-
Pexels/julianjagtenberg

Ada juga yang sangat sensitif dengan cahaya, salah satunya sinar matahari. Alergi ini disebut dengan solar urticaria. Penderita alergi ini akan merasakan sengatan tajam di kulitnya saat terkena sinar matahari dalam hitungan menit. Tak hanya itu, risiko lainnya seperti sakit kepala, memar, bahkan mual, juga dialami penderita.

5. Alergi Sperma

-
thoughtcatalog

Alergi ini terbilang sangat jarang dan termasuk langka. Gejala awalnya adalah biduran dan pembengkakan di area vagina setelah berhubungan intim. Pencegahannya adalah dengan menggunakan kondom. Tetapi pada wanita yang ingin hamil dapat meminta suntikan khusus alergi ini. Opsi lainnya juga ada yaitu dengan menjalani proses inseminasi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X