Ada Aktivitas Kegempaan, Gunung Api Slamet Naik Level ke Waspada

- Jumat, 9 Agustus 2019 | 11:21 WIB
Suasana Konferensi Pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi/Badan Geologi
Suasana Konferensi Pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi/Badan Geologi

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) naikkan level Gunung Api Slamet yang masuk 5 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah ke level waspada.

Ada peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet sejak terakhir terjadi pada Maret hingga Agustus 2014, berupa kenaikkan aktivitas diikuti erupsi menghasilkan material abu dan lontaran material pijar di sekitar kawah (Type strombolian).

Dalam level II ini, Kementerian ESDM, merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak berada dan beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah puncak Gunung Slamet.

Selain itu, dalam pengumumannya, pemerintah Daerah, BPBD Provinsi  dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Badan Geologi menegaskan, terjadi peningkatan aktivitas secara kegempaan dan deformasi yang cukup signifikan, namun secara visual belum teramati adanya gejala erupsi. Potensi erupsi dapat terjadi sewaktu-waktu .

Potensi ancaman bahaya Gunung Slamet adalah erupsi magmatik rrienghasilkan lontaran material pijar yang melanda daerah di sekitar puncak di dalam radius 2 km, atau erupsi freatik dan hujan abu di sekitar kawah berpotensi terjadi tanpa ada gejala vulkanik yang jelas.

"Berdasarkan data pemantauan instrumental, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan perlu diantisipasi jika terjadi erupsi, sehingga tingkat aktivitas Gunung Slamet dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung sejak 9 Agustus 2019 pkl 09.00 WIB," tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, dalam pengumumannya, Jumat (9/9/2019).
 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X