The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jurnalis di Filipina Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal, Polisi Bentuk Satgasus untuk Usut
Jurnalis Radio asal Filipina tewas ditembak. (REUTERS/Eloisa Lopez)
News

Jurnalis di Filipina Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal, Polisi Bentuk Satgasus untuk Usut

Rabu, 05 Oktober 2022 18:09 WIB 05 Oktober 2022, 18:09 WIB

INDOZONE.ID - Jurnalis radio asal Filipina tewas ditembak orang tidak dikenal di Kota Las Piñas, Manila pada Senin (3/10/2022) malam hari waktu setempat. Saat itu korban hendak dalam perjalanan menuju tempat kerjanya. 

Menurut National Union of Journalists of the Filipina (NUJP), korban adalah seorang penyiar atau jurnalis dalam program "Lapid Fire" di stasiun radio DWBL 1242, sekaligus seorang kritikus terkemuka terhadap Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dan pendahulunya Rodrigo Duterte. 

Baca Juga: Jurnalis Perempuan Alami Tantangan Cukup Berat Selama Pandemi, Ada yang Sampai Depresi

“Pembunuhan jurnalis radio sekali lagi menunjukkan bahwa Filipina tetap menjadi salah satu tempat paling berbahaya bagi jurnalis,” kata Beh Lih Yi, koordinator program CPJ Asia yang dikutip dari Committee to Protect Journalist (CPJ)

"Presiden Ferdinand Marcos Jr. harus mengakhiri budaya impunitas yang melingkupi pembunuhan jurnalis Filipina. Ini tidak bisa berlanjut seperti biasa." lanjutnya. 

Baca Juga: Misteri Hilangnya Jurnalis dan Pakar Asal Inggris di Hutan Amazon

Dilansir dari Taipei Times, Kepala Polisi Las Pinas Kolonel Jaime Santos mengatakan bahwa korban berdedikasi pada pekerjaannya dan kemungkinan yang terjadi itu adalah sudut pembunuhannya. 

Saat ini sudah ada Satuan Tugas Khusus (SATGAS) yang dibentuk untuk menyelidiki kematian jurnalis radio tersebut. Ini menjadi kedua kalinya seorang jurnalis yang terbunuh di Filipina. 

Penulis: Annita Rahmawati Dewi

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mochamad Rezhatama Herdanu
Indozone
JOIN US
JOIN US