Mau Liburan Tahun Baru? Simak Perkiraan Puncak Volume Kendaraan, Ya!

- Selasa, 27 Desember 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi malam tahun baru (FREEPIK)
Ilustrasi malam tahun baru (FREEPIK)

Momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) kerap digunakan masyarakat untuk menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan bersama keluarganya. Ini mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah kendaraan di ruas-ruas jalan tertentu yang bisa menimbulkan kemacetan.

Markas Besar Republik Indonesia (Mabes Polri) membeberkan prediksinya terkait peningkatan jumlah kendaraan saat libur nataru. Diprediksi khusus tahun baru, volume kendaraan bakal meningkat pada Jumat 30 Desember 2022.

"Info dari Kakor (Kakorlantas) dan survei Kemenhub (Kementerian Perhubungan) (puncak arus) tanggal 30 Desember dan 2 Januari akan ada peningkatan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi wartawan, Selasa (27/12/2022).

-
Ilustrasi tahun baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Baca Juga: 150.060 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek saat Natal 2022

Meski begitu, Irjen Dedi menyebut pihaknya sudah mengantisipasi peningkatan volume kendaraan tersebut. Polisi sudah menyiapkan skenario sebagai antisipasi kemacetan panjang.

"Tetap secara maksimal diantisipasi untuk menghadapi kemacetan di jalur tol, objek-objek wisata, pusat-pusat perbelanjaan, tempat ibadah, bandara dan pelabuhan," beber Dedi.

Sekedar informasi, Polri sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi nataru pada tahun ini. Operasi Lilin pun juga sudah digelar oleh Mabes Polri dengan dibantu sejumlah institusi lainnya.

Baca Juga: Polisi Ringkus 6 Remaja Perusuh Malam Perayaan Natal di Palembang

Operasi khusus untuk memberikan keamanan saat nataru ini, mengerahkan 166.000 personel yang disebar di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, Korlantas Polri juga sudah menyiapkan berbagai macam rekayasa lalu lintas, untuk mengantisipasi kemacetan saat libur nataru.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X