Diminati Anak Muda, Ganjar Pranowo Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Sirkular

- Senin, 5 Juni 2023 | 17:47 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen mengembangkan ekonomi sirkular seiring meningkatnya tren ini, terutama di kalangan anak muda. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen mengembangkan ekonomi sirkular seiring meningkatnya tren ini, terutama di kalangan anak muda. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi sirkular. Apalagi, ekonomi sirkular semakin menjadi tren dan diminati anak muda kreatif.

"Sebenarnya sirkular ekonomi kan menjadi tren ya. Kalau kemudian masyarakat punya problem di tempatnya masing-masing dan mereka ingin menyelesaikan, ternyata berdasarkan sumber atau resources yang ada di situ mereka mampu untuk mengolah kembali dan ternyata praktik-praktik baik itu ada. Kita mencoba mendampingi," kata Ganjar ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, substansi dari pengembangan ekonomi sirkular itu juga melihat semakin tingginya minat masyarakat. Terutama generasi muda yang peduli dengan isu lingkungan, serta  membuat dunia menjadi lebih baik dan nyaman.

Baca Juga: Ganjar Eksekusi Potensi Sumber Daya Alam di Jateng

"Banyak sekali kelompok masyarakat yang muda dan demen banget sama ekonomi sirkular. Generasi muda sekarang itu sangat berorientasi pada isu lingkungan. Bagaimana kemudian dunia itu lebih baik dan lebih nyaman, semua yang hari ini mengganggu, contohnya sampah begitu, mereka mencoba mengolah," tuturnya.

Ganjar bercerita, beberapa waktu lalu dia mendapat contoh pengolahan sampah. Saat itu Ganjar mendapat kiriman baju dengan pewarna natural dan memanfaatkan material bekas untuk kancing baju.

"Biasa saja kalau dilihat, tetapi setelah saya tanya, pewarnanya itu natural. Hitam natural baru saya lihat sekali itu bagus, tidak terlalu gelap tapi hitamnya kelihatan dominan. Kedua, beberapa kancing bajunya itu beberapa materi-materi yang dibuang," katanya.

Baca Juga:

Pengembangan ekonomi sirkular yang mulai dikembangkan di Jawa Tengah itu ternyata juga mendapat atensi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Bappenas RI mengakui bahwa Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi yang mulai menginisiasi ekonomi sirkular.

Di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, Provinsi Jawa Tengah serius untuk berkomitmen mengembangkan penerapan energi baru terbarukan atau EBT. Itu terlihat dari banyaknya jumlah desa mandiri energi (DME) di Jawa Tengah yang saat ini telah berjumlah 2.353 DME. Seluruh DME tersebut terdiri dari 2.167 DME inisiatif, 160 DME berkembang, dan 26 DME mapan.

"Penghargaan itu bukan tujuan, tapi substansi dari program itu harus menyentuh kelompok masyarakat," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X