Mudik Lebaran Berjalan Kondusif, Polda Riau Raih Berbagai Apresiasi

- Rabu, 3 Mei 2023 | 14:38 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Ilustrasi Mudik Lebaran. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Polda Riau bersama Polres jajaran dinilai sukses menggelar Operasi Ketupat tahun ini. Sejumlah apresiasipun dilontarkan dari berbagai pihak ke Polda Riau.

Pasalnya, selain menggelar Operasi Ketupat, Polda Riau lebih dulu menggelar Operasi Cipta Kondisi. Operasi ini berlangsung sejak 17 Maret sampai 15 April 2023 sebelum Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 digelar.

"Kita dari awal Polda Riau dan jajaran melakukan langkah-langkah pro aktif dengan mengadakan terobosan kreatif yaitu melaksanakan Operasi Cipta Kondisi," kata Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga: 43.600 Pemudik Pengguna Kereta Tiba Kembali di Jakarta

Dari hasil pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi tersebut, Polda Riau dan Polres jajaran berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 83.271,24 gram, ekstasi 55.456.00 butir, H-5 531.000 butir dan knalpot Bising sebanyak 2.503 knalpot.

"Upaya yang dilakukan agar gangguan kamtibmas dapat diminimalisir dengan tujuan masyarakat yang muslim lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa bulan ramadan yang penuh maghfirah ini dengan cara kita melakukan razia premanisme sebelum bulan ramadan, razia narkoba, razia senjata tajam, senjata api, razia knalpot brong agar tidak ada kebut-kebutan yang dapat mengganggu khususnya bulan ramadan," kata Iqbal.

"Itu sudah dipublikasikan di media dengan simbol bahwa Polda Riau siap untuk menciptakan kekhusyukan bagi umat muslim pada bulan ramadan," sambung Iqbal.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat di Riau, Polda Riau mengerahkan anggota untuk menjaga di area rumah ibadah, pasar-pasar hingga melakukan patroli.

Polisi juga mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan untuk para pemudik. Terkait pemudik, polisi juga melakukan penjagaan di rumah-rumah kosong uang ditinggal pemudik.

Dapat Apresiasi Berbagai Pihak

Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang, Jarot Seno Wibawa menyampaikan apresiasinya lantaran Polda Riau menggelar program mudik gratis. Program ini dinilai mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Riau.

"Terima kasih untuk Kapolda Riau dan Direktorat Lalu Lintas Polda atas terlaksananya mudik dan balik gratis yang bertujuan untuk menekan angka fatalitas di jalan raya serta koordinasi yang terjalin di ruas Jalan Tol Pekanbaru Dumai maupun Pekanbaru Bangkinang," kata Jarot.

Ketua Dewan Organda Provinsi Riau M. Nasir juga turut mengapresiasi Polda Riau dan jajarannya atas keberhasilan melakukan pengamanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023. Dinilai, Operasi Ketupat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Berniat Hindari Kemacetan saat Arus Balik, Pemudik di Trans Sulawesi Justru Tak bergerak

"Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 berjalan dengan baik dan lancar dalam pelayanan serta pengawasan dan pengawalan dari pihak Kepolisian Daerah Riau yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik yang dilaksananakan oleh masyarakat," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X