Kemenkeu Perkuat Pembinaan UMKM di Jambi

- Senin, 6 Maret 2023 | 09:45 WIB
Kemenkeu meningkatkan pembinaan terhadap UMKM di Jambi dengan menggelar Pekan UMKM, Minggu (5/3/2023). (ANTARA/Tuyani)
Kemenkeu meningkatkan pembinaan terhadap UMKM di Jambi dengan menggelar Pekan UMKM, Minggu (5/3/2023). (ANTARA/Tuyani)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkuat pembinaan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pekan UMKM yang diselenggarakan di Jambi, Minggu (5/3). Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setempat. 

"Melalui pekan UMKM ini, Kemenkeu melibatkan puluhan UMKM binaan Kemenkeu maupun perbankan di Jambi," kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Jambi, Burhani AS, dikutip Antara (6/3/2023).

Menurutnya, kegiata ini dapat meningkatkan literasi dan memperluas aksesibilitas keuangan bagi UMKM. Burhani pun meyakini kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan UMKM.

Baca Juga:  Jualan Madu, Pelaku UMKM asal Jambi Berhasil Tembus Pasar Ekspor

Selain itu, pekan UMKM juga memperluas jaringan pemasaran produk, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Kemenkeu juga mendorong debitur UMKM untuk naik kelas, yang meliputi peningkatan legalitas UMKM yang sebelumnya informal menjadi formal, softskill manajerial pelaku UMKM, serta aset dan omzet UMKM.

Burhani menjelaskan, Kemenkeu turut mengambil peran dalam memulihkan kondisi pasca pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menggerakkan unit vertikal untuk turut berperan dalam melakukan dukungan terhadap pertumbuhan perekonomian daerah melalui pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Erick Thohir: BUMN Terus Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Pasar Digital

Melalui Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, lanjut Burhani, Kemenkeu memperkenalkan produk pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Ultra Mikro (UMi) maupun Kredit Super Mikro.

Pembiayaan tersebut, kata dia, bisa diakses oleh UMKM dengan bunga yang subsidinya besar.

"Bunga KUR berlaku enam persen. Sesungguhnya bunga pasar 12 persen selisihnya itu disubsidi pemerintah, tugas kami yang edukasi UMKM untuk memanfaatkan itu," kata Burhani.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X