Erick Thohir Apresiasi Duet Rumah BUMN dan Startup PlusTik Tangani Sampah di KTT ASEAN

- Kamis, 18 Mei 2023 | 15:33 WIB
Erick Thohir (Instagram/pssi)
Erick Thohir (Instagram/pssi)

Menteri BUMN, Erick Thohir mengapresiasi kolaborasi penanganan sampah yang dilakukan oleh Rumah BUMN bersama startup PlusTik.

Hasil dari kolaborasi keren ini, terkumpul sebanyak 2,6 ton sampah selama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk fokus salah satunya pada pilar pembangunan yakni lingkungan," jelas Erick, dalam keterangan resminya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/5/2023) lalu.

Baca juga: Erick Thohir: Pendidikan Kunci Masa Depan Indonesia, Mari Belajar dan Tumbuh Bersama

Dalam hal ini, Kementerian BUMN sudah mengerjahkan lebih dari 50 orang Milenial BUMN dari BRI, Pertamina, Mandiri, Telkomsel, Pegadaian, Pelindo, HIN, dan PELNI guna berpartisipasi mendukung gerakan BUMN Youth Environmental Movement di Pantai Binongko, Labuan Bajo.

Startup PlusTik bersama dengan Millenial BUMN bekerja sama mengumpulkan sampah-sampah plastik di sekitar pantai. Hal ini sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan.

Selain itu, Startup PlusTik dan Millenial BUMN juga mengumpulkan sampah di Pantai Waecicu, Pulau Kukusan, Waterfront Marina, dan Pantai Pede.

Terhitung dari Minggu (7/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023), jumlah sampah plastik yang berhasil terkumpul seberat 2,6 ton.

Baca juga: Pertunjukan The Sailors Sukses Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program KTT ASEAN

Sampah-sampah ini kemudian akan diolah menjadi barang berdaya guna tinggi, seperti kapal nelayan, dudukan telepon genggam dan paving block.

Hasil dari pengolahan sampah itu juga ditampilkan di lapak Rumah BUMN SME’s Hub, yang digelar di Waterfront City Labuan Bajo pada 9-13 Mei 2023.

Program pembersihan sampah di sekitar pantai ini adalah bagian dari kegiatan lingkungan rangkaian acara Rumah BUMN SME’s Hub, yang menjadi aktivitas sampingan KTT ASEAN atau
ASEAN Summit.

Menteri BUMN Erick Thohir berharap, kolaborasi Kementerian BUMN dan startup PlusTik dapat memantik kesadaran generasi muda betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Erick Thohir menjelaskan, hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X