Tak Bicara Politik, Megawati Sarankan Erick Thohir Ada Bioskop Mini di Sarinah

- Selasa, 14 Juni 2022 | 02:01 WIB
Kolase Megawati Soekarnoputri dan Erick Thohir. (INDOZONE/Harits Tryan)
Kolase Megawati Soekarnoputri dan Erick Thohir. (INDOZONE/Harits Tryan)

Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, berpesan khusus kepada Menteri BUMN Erick Thohir, agar terus menggelorakan sejarah Indonesia lewat Gedung Sarinah, yang terletak di kawasan Thamrin, Jakarta.

Megawati secara khusus meminta kepada Erick Thohir agar membuatkan sebuah studio pertunjukan yang menampilkan fakta-fakta sejarah bangsa Indonesia.

"Beliau (Megawati) berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah, bagaimana kita sebuah kebangsaan ada naik turunnya dalam sejarah," kata Erick Thohir di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022).

"Nah, itu mungkin kita coba ada bioskop mini, tetapi bukan movie theater yang besar itu, bioskop mini supaya orang bisa lihat sejarah kita, sejarah Sarinah, sejarah lain-lain," tambahnya.

Menurut Megawati, tutur Erick, dibuatnya sebuah studio pertunjukan akan memudahkan generasi muda memahami tentang sejarah. Apalagi, kini media sosial yang digandrungi anak-anak muda, diisi oleh tampilan visual berupa gambar.

Baca juga: Terungkap, Kelompok Misterius yang Membantai Pasukan Mesir Kuno hingga Kuasai Wilayah

“Yang secara visual mudah dibayangkan oleh generasi muda sekarang, karena ini kan eranya TikTok dan YouTube," ucap Erick.

Sangat Puas

Erick juga bersyukur Megawati sangat puas setelah berkeliling galeri seni dan galeri Bung Karno. Meski demikian, lanjut Erick, ada beberapa catatan yang akan ditingkatkan oleh pihak pengelola Sarinah. Termasuk, menambahkan gambar berupa visual soal sejarah bangsa.

"Alhamdulillah, beliau (Megawati) tadi memuji. Tinggal tadi catatan ditambah sejarah secara visualisasi yang mudah bisa generasi muda mengerti dan mengikuti," jelas Erick Thohir.

Tak Bahas Politik

Dalam kesempatan itu, Erick juga mengaku bahwa perbincangan empat mata dengan Megawati tidak terkait politik. 

“Ya saya rasa kebanyakan soal Sarinah. Beliau berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah,” katanya.

Erick menegaskan bahwa Sarinah adalah bangunan yang penuh dengan sejarah. Oleh sebab itu, bangunan tersebut harus dijaga karena aset penting bangsa.

“Tadi disampaikan bahwa memang seperti yang saya sampaikan, Sarinah ini sesuatu yang sejarah. Karena itu seperti yang saya sampaikan sebelumnya, sebuah aset yang luar biasa di tengah kota ini, sayang kalau kita tidak perbaiki kembali,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X