Kakorlantas Ungkap Alasan Imbauan Pemotor Tak Pakai Sandal: Ikhtiar Kita Maksimalkan

- Kamis, 16 Juni 2022 | 09:04 WIB
Sejumlah pengendara motor memakai sandal jepit melintas di Jalan Raya Ciledug, Kreo, Tangerang, Banten, Selasa (14/6/2022). (ANTARA/Muhammad Iqbal)
Sejumlah pengendara motor memakai sandal jepit melintas di Jalan Raya Ciledug, Kreo, Tangerang, Banten, Selasa (14/6/2022). (ANTARA/Muhammad Iqbal)

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau para pengendara sepeda motor roda dua untuk tidak memakai sandal saat berkendara. Irjen Firman pun membeberkan alasan dari imbauan tersebut.

"Ada masyarakat yang bilang begini ‘Pak cuman dekat aja kok, masa cuma mau beli tempe doang ke pasar pakai sepatu segala macam itu'," kata Irjen Firman dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Firman menyebut banyak insiden kecelakaan  terjadi saat pemotor berjalan dengan jarak dekat. Menurutnya, tidak ada kecelakaan yang terjadi akibat disengaja.

"Kecelakaan di jalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin setiap hari dan tidak ada kecelakaan itu memang yang sengaja," beber Firman.

BACA JUGA: Kakorlantas Polri Klaim Swab Antigen di 149 Titik Efektif Cegah COVID-19

Untuk itu, jenderal polisi bintang dua tersebut mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sandal saat berkendara. Sebab, jika terjadi kecelakaan akan lebih fatal dibanding jika memakai sepatu.

"Tapi dengan kita sudah ikhtiar, kalau dalam agama. Ikhtiar kita maksimalkan, kalau masih terjadi juga Tuhan sudah punya rencana, tapi kita ikhtiar maksimal memperkecil fatalitas kecelakaan dengan memberikan perlindungan yang cukup bagi anggota tubuhnya roda dua khususnya," kata Firman. 

"Mohon maaf saya bukan men-stressing pakai sandal jepit tidak ada perlindungan. Kalau dia sering pakai motor dengan sandal jepit kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita itulah fatalitas," pungkas Firman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X