Disindir Terkait Peroleh Kursi di DPR, PPP: Kami Gak Pernah Mengusik dan Meremehkan PKB

- Selasa, 21 Februari 2023 | 19:12 WIB
Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Wikipedia)
Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Wikipedia)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menanggapi sindiran Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid soal perolehan suara PPP di Pemilu 2019 yang hanya mendapatkan 19 kursi di DPR. Pernyataan Jazilul tersebut dinilai telah menyalahi etika politik Indonesia. 

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek meminta Jazilul untuk tidak mengusik perolehan suara partai lain. Sebab, PPP juga tak pernah meremehkan PKB saat terpuruk di tahun 2009. Awiek lantas mempertanyakan maksud dari pernyataan Jazilul tersebut. 

"Kepada sahabatku Jazilul Fawaid, Waketum PKB, Apa urusannya membanding-bandingkan sesama partai ijo. Saat kursi PKB jeblok di pemilu 2009 dengan 28 kursi, PPP tak pernah mengusik dan meremehkan," kata Awiek dalam keterangannya, Selasa (21/2/2023). 

Baca Juga: Punya Target 100 Perwakilan di DPR, PKB Sindir PPP hanya Raih 19 Kursi

Awiek menuturkan, partainya memahami situasi politik dan keterpurukan PKB pada Pemilu 2009. Oleh karena itu, PPP bersimpati secara politik dengan tidak meremehkan PKB. Sebab, kedua partai sama-sama lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). 

"Kami tidak meremehkan adik kami itu (PKB) yang sama-sama lahir dari NU," ungkap Awiek.

Dia menambahkan saat ini posisi PPP dan PKB setara di DPR, karena sama-sama memiliki satu fraksi dan memiliki hak yang sama. 

"Bahkan di pimpinan MPR juga sama memiliki wakil ketua MPR yakni Pak Arsul Sani yang ruangannya bersebelahan dengan Pak Jazilul Fawaid," pungkas Awiek.

Sebelumnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memasang target mendapatkan 100 kursi di DPR pada Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya tak mau memperoleh sedikit kursi di parlemen, seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Diketahui, PPP memperoleh sebanyak 19 kursi di DPR atau meraih 4,52 persen suara pada Pemilu 2019. Sedangkan, PKB mendapatkan 58 kursi di Senayan.

Baca Juga: Persiapan Pemilu 2024, Plt Ketum PPP Temui Tokoh Nasional di Makassar

Hal itu disampaikan Jazilul dalam sambutannya di acara Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Calon Anggota Legislatif DPR RI 2024 di Kantor DPP PKB pada Selasa (21/2/2023).

“Jangan sampai kayak, mohon maaf, partai ijo yang lain, yang cuman 19 kursi, 1 fraksi 1 orang,” kata Jazilul saat memberikan sambutan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X