Iqbaal Ramadhan Pasrah Film Bumi Manusia Berating 17 Tahun ke Atas
(photo/Instagram/iqbaal.e)
News

Iqbaal Ramadhan Pasrah Film Bumi Manusia Berating 17 Tahun ke Atas

Selasa, 13 Agustus 2019 19:12 WIB 13 Agustus 2019, 19:12 WIB

INDOZONE.ID - Film Bumi Manusia mendapat klasifikasi 17 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film (LSF). Terkait hal itu, Iqbaal Ramadhan mengaku pasrah dan merasa respect dengan apa yang sudah diputuskan LSF.

“Ini kan kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia, dan sudah di-approve sama production house. Kalau ditanya pendapat pribadinya, gue pasti respect saja. Karena bukunya memang juga berat,” kata Iqbaal di Epicentrum XXI, Senin malam, 12 Agustus 2019.

Pemeran Minkeu di film Bumi Manusia ini menambahkan, apabila pihaknya memaksa untuk menurunkan rating menjadi 13+, ia takut hal ini akan mengecewakan keluarga besar Pramoedya Ananta Toer.

Apabila dibuat menjadi 13+, maka ada esensi-esensi dalam novelnya yang harus dipotong.

“Kalau kami memaksakan demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gue takutnya malah mengecewakan Pram dan keluarganya. Karena esensi-esensi dari bukunya banyak yang harus dipotong kalau memang harus turunin rating-nya,” tutur Iqbaal.

Untuk itu Iqbaal mengaku pasrah dan menganggap keputusan LSF adalah yang terbaik untuk film Bumi Manusia.

“Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gua rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut saja,” ujarnya.

Iqbaal juga mengatakan, tak ada protes yang datang dari penggemarnya mengenai rating 17+. Jika pun ada, Iqbaal mengatakan akan siap menjelaskan.

“Kalau untuk protes sejauh ini belum ada. Kalau pun dapat protes nanti, mungkin gue akan mencoba membantu menjelaskan kali ya,” ucap Iqbaal.

TAG
Victor Median
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU