Presiden Joko Widodo Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 11:12 WIB
Presiden Joko Widodo selaku Inspektu Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Antara Foto/Wahyu Putro)
Presiden Joko Widodo selaku Inspektu Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Antara Foto/Wahyu Putro)

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10).

Upacara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Berikutnya, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan membacakan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Ditutup dengan doa oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini diikuti sejumlah pejabat negara, perwakilan negara sahabat di Indonesia, anggota TNI-Polri, taruna Akademi Militer dari berbagai matra, taruna akademi Polri, hingga pelajar dan Pramuka. 

-
(Antara Foto/Wahyu Putro)

 

Usai upacara, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, meninjau lokasi sumur tempat ditemukannya janazah para Pahlawan Revolusi. 

Presiden Joko Widodo dan rombongan juga sempat meninjau Monumen Pancasila Sakti, serta bangunan bersejarah lainnya yang berada di kompleks Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kegiatan ini antara lain, Ketua MK Anwas Usman, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X