Hoaks Jalan Kalimalang Cipinang Melayu Lockdown, Polisi Tangkap Pelaku
Ilustrasi polisi amankan pelaku penyebar hoaks (Unsplash/nui_nui)
News

Hoaks Jalan Kalimalang Cipinang Melayu Lockdown, Polisi Tangkap Pelaku

Polres Jakarta Timur amankan pelaku.

Senin, 30 Maret 2020 09:48 WIB 30 Maret 2020, 09:48 WIB

INDOZONE.ID - Jajaran Polres Metro Jakarta Timur mengamankan seorang pria berinisial HR alias B (45) karena telah membuat video hoaks terkait Jalan Kalimalang yang dia sebut sudah di-lockdown. Video hoaks itu disebarkan pelaku di WhatsApp bahkan hingga viral di media sosial lainnya.

"Betul pelakunya satu orang, sudah kita amankan. Ini masih dimintai keterangan," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Arie Ardian saat dihubungi Indozone, Senin (30/3/2020).

Arie mengatakan pengamanan pelaku dilakukan pihaknya pada Minggu (29/3/2020) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB. Pada saat itu pelaku juga belum lama menyebarkan berita hoaks tersebut.

"Pelaku ini membuat video bahwa seolah-olah di Cipinang Melayu telah dilakukan lockdown dan dia sebarkan ke grup kantor pelaku," ungkap Arie.

Pelaku disebut Arie bekerja sebagai kurir. Pelaku juga dikenakan pasal terkait ITE.

"Pelaku penyebaran berita bohong melalui media WhatsApp sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 UU nomor 1 tahun 1946 dan UU RI nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE," kata Arie.

Dari video yang tersebar, pelaku terlihat menunjukan Jalan Kalimalang yang sudah dalam kondisi di tutup. Pelaku juga menyebut akses jalur itu sudah ditutup lantaran lockdown sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US