Jokowi Minta Pemda Tak Berlebihan Screening Warga yang Terlanjur Mudik

- Senin, 30 Maret 2020 | 13:51 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penangangan Covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/Sigid Kurniawan)
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penangangan Covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah tidak berlebihan dalam menjalankan langkah penyaringan atau screening kepada warga yang sudah terlanjur mudik di tengah masa penularan virus corona.

"Jangan sampai menimbulkan juga langkah-langkah penyaringan atau screening yang berlebihan bagi pemudik yang terlanjur pulang kampung," kata Jokowi saat menyampaikan pengantar saat Rapat Terbatas Antisipasi Mudik Lebaran melalui teleconference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dikutip Antara, Senin (30/3/2020).

Jokowi menjelaskan, menurut laporan dari Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pergerakan arus mudik tahun ini lebih awal dari biasanya.

Sejak penetapan tanggap darurat Corona di DKI Jakarta, sebagian pekerja informal di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) sudah mulai bergerak menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, hingga Jawa Timur.

Dalam delapan hari terakhir, ada 876 bus antarprovinsi yang membawa kurang lebih 14.000 penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

-
Calon penumpang bersiap menaiki bus Antar Kota Antar Provinsi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

 

"Ini belum dihitung arus mudik yang menggunakan transportasi massal lain misal kereta api, kapal, dan angkutan udara, serta menggunakan mobil pribadi," tutur Jokowi.

Presiden meminta gubernur, bupati, dan wali kota meningkatkan pengawasan di wilayah masing-masing serta memastikan penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 di lingkungan masyarakatnya.

Jokowi mencontohkan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DIY memastikan penerapan protokol kesehatan ketat bagi pemudik di desa maupun kelurahan.

"Ini inisiatif yang bagus, saya juga memperingatkan agar dilakukan secara terukur," ujar Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X