Polisi Akui Banyak Pelaku Kejahatan Manfaatkan Situasi Pandemi Corona

- Sabtu, 18 April 2020 | 22:57 WIB
Ilustrasi pencurian. (Foto: Freepik/Macrovector)
Ilustrasi pencurian. (Foto: Freepik/Macrovector)

Para pelaku kejahatan banyak yang memanfaatkan situasi pandemi corona (Covid-19). Terutama minimarket yang kini tidak bisa membuka tokonya selama 24 jam, hal itu kerap menjadi incaran para maling.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengakui banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan situasi sulit ini. Seperti kasus pencurian di minimarket kawasan Jakarta Timur, belum lama ini.

"Di masa yang sulit sekarang ini, di masa pandemi COVID-19 ada pelaku-pelaku yang coba memanfaatkan situasi. Melihat masyarakat disibukkan dengan pandemi COVID-19, tetapi mencoba bermain dengan melakukan pencurian dengan kekerasan dengan merampok minimarket yang kita ketahui bersama tidak buka 24 jam," kata Yusri di Mako Polres Metro Jakarta Timur, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/4/2020).

Namun begitu, Yusri menegaskan pihak kepolisian khususnya jajaran Polda Metro Jaya sudah diinstruksikan untuk menggelar patroli berskala besar untuk memastikan keamanan masyarakat selama masa pandemi corona.

-
Ilustrasi Polisi Tangani Pelaku Kejahatan. (Foto: Freepik/Brgfx)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Suyudi Ario Seto menegaskan jika pihaknya tidak akan segan memberikan tindakan tegas terukur terhadap para pelaku kejahatan. Apalagi, pihaknya kini sudah memetakan potensi tindak kejahatan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku kejahatan yang memanfaatkan momen pandemi COVID-19. Kami sudah melakukan pemetaan kepada kelompok curat (pencurian dengan pemberatan) dan curas (pencurian dengan kekerasan) di Jakarta ini," kata Suyudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X