Sepekan Operasi Lilin di Jakarta dan Sekitarnya, Angka Kecelakaan Turun 15 Persen

- Senin, 28 Desember 2020 | 19:37 WIB
Kondisi mobil pasca kecelakaan di depan Polda Metro Jaya, Jakarta. (Humas Polda Metro Jaya)
Kondisi mobil pasca kecelakaan di depan Polda Metro Jaya, Jakarta. (Humas Polda Metro Jaya)

Operasi Lilin 2020 di kawasan Ibu Kota DKI Jakarta dan sekitarnya sudah memasuki satu pekan. Selama sepekan operasi berlangsung, Polda Metro Jaya mengklaim angka kecelakaan lalu lintas pada tahun ini berkurang 15 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Selama tujuh hari pelaksanaan Operasi Lilin, kan belum selesai, nanti selesai tanggal 4 itu terjadi penurunan jumlah laka lantas dibandingkan dengan Operasi Lilin tahun 2019," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Sambodo menyebut setidaknya tahun ini hanya ada 58 insiden kecelakaan lalu lintas dan tahun 2019 ada sebanyak 68 insiden. Artinya ada penurunan angka kecelakaan lalu lintas sekitar 15 persen.

Baca juga: Seminggu Kenal Cowok di Tinder, Cewek Ini Diajak Ketemuan, Endingnya Jadi seperti Ini

"Tahun 2019 selama Operasi Lilin ada 68, selama tahun ini ada 58. Jadi kurang lebih turun 10 kejadian atau turun sebanyak 15 persen," beber Sambodo.

Lebih jauh dia menyebut penurunan angka kecelakaan lalu lintas tahun ini berkaitan dengan pandemi virus corona. Polisi disebutnya gencar memberikan imbauan-imbauan terkait keselamatan berlalu lintas.

"Beberapa faktor penyebabnya memang imbauan-imbauan selalu kita sampaikan kepada media, angka-angka menunjukan kegiatan preentif dan preventif kita meningkat jauh dibandingkan tahun 2019," kata Sambodo.

"Kemudian selama Operasi Lilin ini kami tidak melakukan penindakan tilang tetapi lebih kepada yang sifatnya persuasif, edukatif preentif untuk berikan edukasi ke masyarakat agar terutama mentaati aturan lalu lintas, mentaati protokol kesehatan Covid-19," pungkas Sambodo.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X