Buntut Kerumunan di Kediaman Habib Rizieq Shihab, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot

- Selasa, 24 November 2020 | 09:30 WIB
Habib Rizieq Shihab. (ANTARA/Arif Firmansyah)
Habib Rizieq Shihab. (ANTARA/Arif Firmansyah)

Buntut pernikahan anak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang, Sukana, dicopot dari jabatannya dan dimutasi sebagai penghulu di wilayah Jakarta Barat.

"Sukana mulai hari ini tidak lagi mendapat mandat tugas tambahan sebagai Kepala KUA. Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat," demikian pernyataan Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulisnya, (23/11/2020).

Sukana dianggap telah mengabaikan protokol kesehatan saat menjalankan tugasnya dalam pernikahan putri Habib Rizieq Shihab, Najwa Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Keputusan pencopotan tersebut diambil setelah tim Itjen Kemenag melakukan proses investigasi. Hasil investigasi tersebut menunjukkan bahwa Sukana terbukti melanggar protokol kesehatan yang sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Nomor: P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020.

Baca juga: Terungkap, Mahar Pernikahan Putri Rizieq Shihab, Ternyata Segini Besarnya

"Kepala KUA Tanah Abang dinilai mengabaikan ketentuan terkait protokol kesehatan dalam tugasnya. Padahal sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Nomor: P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang Pelayanan Nikah menuju Masyarakat Produktif Aman Covid," kata Kamaruddin.

Kamaruddin juga mengatakan bahwa Menteri Agama Fachrrurazi sudah mengimbau semua pejabat Kementerian Agama untuk mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan tugasnya demi keamanan bersama.

"Arahan Menag tegas dan jelas. Kelalaian atas pelaksanaannya pasti akan diberi tindakan tegas, karena dapat membahayakan orang banyak yang ada di tempat itu, dan juga akan membahayakan anak-anak dan keluarga mereka di rumah," lanjut Kamaruddin.

Sebelumnya diketahui acara pernikahan putri di kediaman Habib Rizieq kabarnya dihadiri sekitar 7.000 orang. Selain itu, markas besar FPI di Petamburan juga mengadakan kegiatan yang menjadi tempat berkumpulnya massa dalam jumlah besar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X