The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 9 April: Gus Dur Tetapkan Imlek sebagai Hari Libur Fakultatif hingga HUT TNI AU
Sejumlah penerjun dari Korps Pasukan Khas TNI AU menjalani latihan. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
News

Peristiwa 9 April: Gus Dur Tetapkan Imlek sebagai Hari Libur Fakultatif hingga HUT TNI AU

Dan peristiwa menarik lainnya.

Jumat, 09 April 2021 14:51 WIB 09 April 2021, 14:51 WIB

INDOZONE.ID - Tanggal 9 April menyimpan banyak peristiwa sejarah yang menarik dan juga menyedihkan. Mulai dari meninggalnya Sutan Syahrir hingga Gus Dur menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur fakultatif.

Berikut Indozone rangkum beberapa peristiwa menarik 9 April berdasarkan Wikipedia:

1. Sutan Syahrir Meninggal Dunia (1966)

Sutan Syahrir meninggal di Swiss. Sebelumnya, pada 1962-1965 Syahrir ditangkap dan dipenjara tanpa diadili sampai menderita stroke. Kemudian ia diizinkan berobat ke Zurich, Swiss dengan diantarkan oleh Sugondo Djojopuspito sampai Bandara Kemayoran. Setelah sempat mendapatkan perawatan di Swiss, Syahrir pun meninggal pada 9 April 1966.

2. Gus Dur Jadikan Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur (2001)

Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur fakultatif (hanya untuk mereka yang merayakannya) di Indonesia berdasarkan Keppres nomor 19 tahun 2001. Masyarakat keturunan Tionghoa pun kembali mendapatkan kebebasan merayakan Tahun Baru Imlek pada zaman pemerintahan Gus Dur.

3. Pernikahan Pangeran Charles dan Camilla (2005)

Setelah resmi bercerai dengan Putri Diana, Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris menikahi Camilla. Pernikahan Charles dan Camilla Rosemary Shand dilakukan pada 9 April 2005 di Windsor's Guildhall. Camilla adalah mantan kekasih Charles yang berkenalan sejak 1970, sebelum akhirnya keduanya sempat menikah dengan masing-masing pasangan barunya.

BACA JUGA: Kunjungi NTT, Jokowi: Korban Meninggal Bencana Banjir Bandang saat Ini 163 Orang

4. Hari TNI AU (1946)

Tanggal 9 April juga diperingati sebagai Hari TNI AU. TNI AU pada awalnya merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat yang dulunya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR Jawatan Penerbangan). TNI AU dibentuk dan mulai berdiri sendiri pada 9 April 1946, sesuai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 6/SD Tahun 1946.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US